1O ORANG MERLUNG TERKEMUKA

Oleh Ebit Mardona, SP.

Adapun sepuluh orang ini adalah pendapat saya yang telah cukup mendalami beberapa tokoh, masih ada beberapa tokoh yang perlu mendapat perhatian yang tertinggal. Yang menjadikan pemikirannya adalah apa sumbang sih mereka terhadap kemajuan Merlung. Bagaimana peran mereka memperkenalkan merlung ke pelosok jambi dan nusantara ini.

1. H.ABD.AZIZ (1898-1960)

(PHOTO:suasana pesentren yg diasuh Datuk Hakim tahun1930an)

Beliau seseorang ulama besar merlung. lulusan ponpes seberang kota jambi anak dari H.Daud. juga seorang panutan pada masanya. Dia memiliki saudara saudara yang juga ulama besar di merlung. H. Majid berkat usahanya merlung menjadi pusat pendidikan agama islam. Cahaya ilmu di kepasirahan tungkal oeloe dan kec tungkal ulu. Pengaruhnya sangat terasa pada kehidupan agama pada orang orang merlung sampai saat ini madrasah darul islam menjadi cahaya ilmu menyebar keseluruh kecamatan. Dia juga disegani berkat akhlakul karimah, menjaga setiap inci perkataan sebagian besar masyarakat menjuluki sebagai ulama, datuk hakim, sekaligus sufi. Dia menjabat sebagai datuk hakim ke-3 pada pemerintahan kepasirahan. Saat wafat ribuan orang mengantar jenazahnya sampai keliang lahat di pemakaman di komplek mesjid Jami’ Almujahidin.

2. Dr. Ir. SAFRIAL, MS.


Sebagai Bupati Tanjab Barat priode 2006-2011 dan kandidat calon bupati dan calon gubernur untuk priode 2011-2016,namun nasib masih belum berpihak. Dia lahir di merlung tahun 1956, dalam penokohan ini dia ditempatkan diurutan ke-2, karena sesuai dengan pengaruh terhadap merlung dan tungkal ulu,sepanjang sejarah merlung, dia lah tokoh membawa pencapaian merlung gilang gemilang. tetapi untuk Kabupaten Tanjab barat, kami akan memposisikan di nomor satu sesuai pengaruhnya terhadap pembangunan kabupaten ini apa lagi dia merupakan putra asli tanjab barat. Bukan sebelumnya bupati bukan putra asli tanjab barat. Karirnya dimulai dari dosen peternakan Unja, kemudian melanggeng sebagai wakil bupati tahun 2001, sampai akhirnya menjadi orang nomor satu di Tanjab barat.

3. M.T. FACHRUDDIN ( )


Tidak banyak masyarakat Merlung yang melek huruf latin pada masanya, sekolah pada masyarakat melayu dianggap tidak begitu penting, mereka lebih memilih memotong karet, tetapi dari sekian itu masih ada yang bersekolah tinggi sampai dia bersekolah ke Pematang Siantar Sumatera Utara dan kabarnya satu sekolah dengan Wakil Presiden RI ke-3 H. Adam Malik. Dialah tokoh sentral dalam dunia pendidikan modern di masy. Merlung. Berkat kecerdasannya dia dipilih menjadi Pasirah II di Kepasirahan Toengkal Oeloe . dia juga pernah menjadi anggota dewan terhormat prov. Djambi. Almarhum wafat di merlung dimakamkan di makam Pahlawan dan mewariskan kepada anaknya menjadi Pasirah berikutnya.

4. AHMAD DAHLAN/PASIRAH PATAH ( )


Dia lah pasirah pertama di Toengkal Oeloe, sebelum adanya kepasirahan, dia sudah terkenal dengan sebutan orang kayo yaitu sebutan untuk pemimpin pada zaman itu, dan semenjak belanda masuk ke daerah merloeng sekitar 1900-an awal, dia diangkat menjadi kepala pasirah merloeng, sebelum akhirnya disebut pasirah toengkal oeloe pada tahun 1951. Kakinya patah ditembak pistol sewaktu melawan pengkhianat yang ingin membunuhnya. Dia dimakamkan di kompleks Masjid Jami’ Al- Mujahiddin Merlung.

5. H. SUHAI SIREGAR
Hingga tahun 2010 ini dia masih bertengger sebagai orang terkaya nomor wahid di Merlung dan Tungkal Ulu, bahkan se-Kab Tanjab Barat(untuk tnjab belum disurvei). Tokoh yang merupakan Kakak dari Bupati Tanjab Barat ini terkenal dengan kedermawanan mungkin sifat yang diwariskan alm ayahnya Khairudin, menghibahkan tanah pembangunan SD, SMP,kantor PU yang saat itu masyarakat merlung terkenal susah memberikan sebagian tanahnya. Dan dia juga memberikan andil besar dalam pembangunan Masjid Surya Khairudin termega nomor dua di Provinsi Jambi setelah Masjid Sarolangun. Gebrakan tokoh satu ini bukan itu saja, dia telah mendatangkan artis ibukota sebut saja Gita KDI, Nasarudin KDI, Maya KDI, dan Si Raja Dangdut Rhoma Irama serta pentolan demokrat bang Ruhut sitompul dan Komar untuk dinikmati menghibur masyarakat dengan gratis.

6. DATUK RESAT (1860 – 1940)
Terkenal sebagai Pendekar terkuat di tanah merlung, ulu batang hari (tebo) sampai sebagian tanah riau, namanya disegani oleh petarung- petarung ulung di rimba peraduan, dia punya dua orang teman yang juga pendekar kenamaan yaitu datuk kohar yang terkenal kebal, dan busu temat terkenal silat harimau. bagi petarung2 seluruh penjuru Pengaruh mereka di dalam dunia persilatan membuat nama merlung menjadi perhitungan di jambi. Dia memiliki ilmu ular, ilmu silat pangean dan berbagai macam aliran ilmu sehingga dia disegani sebagai petarung hebat.

7. KATOMSO, SA,SE.,M.E.


beliau anak dari mantan demong Merlung Safi’i Achmad. tokoh yang pernah jadi ajudan mantan gubernur jambi, Zulkifli Nurdin ini mendapat kepercayaan besar dari masyarakat tanjab barat untuk memimpin sebagai wakil bupati priode 2011 – 2016. semoga harapan orang merlung untuk membangun daerah akan tetap menjadi prioritas beliau melanjutkan pembangunan merlung ke tingkat lebih baik lagi

8. Ir. MUHAMMAD AMAN
Terakhir sebelum pensiun dia menjabat sebagai kepala dinas perkebunan provinsi jambi. Almarhum meninggal di jambi, dia merupakan anak dari seorang ulama, H. Majid bin H. Daud.

9. MULYANI SIREGAR, SH.
Sejarah kembali mencatat putra terbaik merlung menduduki jabatan strategis kab. Tanjab Barat. Dia sekarang ini sebagai ketua DPRD Kab. Tanjab barat priode 2010 – 2015. Merupakan adik kandung dari Bupati Safrial, isteri beliau adalah polsek di kota Jambi.

10. KHATIB BATU ( )
Tidak banyak orang merlung mempunyai karya abadi yang dapat ditengok anak cucunya, dialah ulama yang terkenal dengan alquran tulisan tangan yang sekarang tersimpan di arsip Masjid Jami’ Almujahiddin. Diperkirakan alquran itu berumur 115 tahun.

Tokoh-tokoh lain yang mungkin mendapat tempat selanjutnya
– Drs. H. MORTADI AZIZ
Seorang ulama kontemporer menjadi terkenal di kota jambi, beliau pensiun depag provinsi jambi, merupakan anak ulama besar H. Abdul Azis. Sampai sekarang dia salah satu rujukan bagi masyarakat jambi mengenai agama
-. H. A. Rifai’
-. H. M. zein
-. Rajo Bujang
-. Barakim
-. Syamsu WP
-. Syafi’I Ahmad
-. Datuk Katung
-. Raden Usman
-. Hamid Ilyas
-. Demong Nato
Bagi yang ingin menambah dan komentar silakan berbagi di blog ini

Berikut tokoh yang lahir di Merlung atau yang masih punya keluarganya di Merlung yang masih di tunggu sumbangsihnya terhadap pembangunan MERLUNG
• Kamal Firdaus SH (adv terkenal di yogya)
• Arya Gunawan (kary UNESCO)
• Helmi Jalil (pengusaha kota Jambi)
• Armendalis atau Rajo

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Merlung's Files. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s