Ditemukan Mineral Baru di Meteorit

NIPR Meteorit Yamato.

Ilmuwan NASA beserta partner risetnya dari Korea Selatan dan Jepang berhasil mengidentifikasi adanya mineral baru di meteorit Yamato 691, meteorit berusia 4,5 miliar tahun yang ditemukan di Antartika pada tahun 1969. Mineral baru tersebut dinamai Wassonite.

Namanya diambil sebagai penghargaan pada Johnson T Wasson, profesor dari UCLA (University California, Los Angeles) yang dikenal dengan hasil penelitian tentang meteorit. Identitas baru mineral telah disetujui oleh International Mineralogical Association.

Ilmuwan NASA Keiko Nakamura mengatakan, “Wassonite adalah mineral yang hanya terbentuk dari 2 unsur, sulfur dan titanium. Meski demikian, mineral ini memiliki struktur kristal unik yang belum pernah ditemukan di alam.”

Identifikasi struktur kristal Wassonite dimungkinkan berkat kemajuan nanoteknologi di salah satu departemen Johnson Space Center NASA. Sifat kimia dan struktur atom dilihat dengan bantuan mikroskop elektron.

Lindsay Keller dari Johnson Space Center NASA mengungkapkan, “Meteorit dan mineral yang terdapat di dalamnya adalah jendela memahami tata surya. Dengan menelitinya, kita bisa paham kondisi tata surya kini dan proses yang akan berlangsung.”

Meteorit Yamato 691 adalah sebuah meteorit yang diperkirakan berasal dari asteroid di antara Mars dan Jupiter. Meteorit tersebut ditemukan oleh anggota Japanese Antarctic Research Expedition di Gunung Yamato.

Sumber :
LiveScience

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s