Sehelai Rambut Simpan Sejarah Makanan

SHUTTERSTOCK

KOMPAS.com – Dari selehai rambut, informasi lengkap mengenai makanan yang disantap seseorang bisa diketahui termasuk sejarahnya. Teknik ini bisa digunakan untuk forensik.

Sebelum penelitian ini, sudah ada beberapa metode untuk pengujian sampel rambut dalam menemukan petunjuk karbon, namun metode-metode tersebut menghancurkan sampel-sampel kecil dalam rambut. Metode-metode seperti itu dapat memberikan informasi hal-hal yang dimakan, tapi tidak dapat memberikan informasi kapan makanan itu disantap.

Metode baru yang dikembangkan di Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) ini menggunakan laser ultraviolet yang dapat mengambil sampel pada rambut tanpa merusak daerah sekitarnya. Setelah dipisahkan, partikel dapat dianalisis lebih lanjut.

Dari analisis isotop karbon, peneliti dapat merekonstruksi rekaman forensik dari pemilik rambut. Secara khusus, mereka dapat melihat apa, kapan, dan mungkin di mana pemilik rambut makan.

Akan tetapi, saat karbon mengungkapkan apa yang telah dimakan, elemen lainnya dapat mengungkapkan gambaran tentang hidup pemilik rambut. Isotop oksigen diikat ke siklus air dan belerang di batuan dasar, sementara nitrogen dapat memberikan informasi apa yang telah dikonsumsi oleh pemilik rambut. Tim PNNL sekarang sedang mencoba laser tersebut untuk menganalisis isotop mereka. (National Geographic Indonesia

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s