Luna, Si Asisten Pribadi

ROBODYNAMICS.COM Luna, robot asisten pribadi di rumah buatan Robodynamics.

Dia bernama Luna dan mau melakukan apa saja yang Anda perintahkan. Bisa Anda miliki di rumah mulai tahun ini.

Luna adalah robot seukuran manusia yang dapat diprogram untuk melakukan pekerjaan tertentu. Luna diharapkan jadi terobosan besar dalam dunia robotika, “Seperti apa ponsel pintar sebabkan dalam dunia komputasi bergerak,” kata Fred Nikgohar, CEO RoboDynamics, perusahaan pembuat Luna.

Nikgohar mengatakan kalau industri robotika saat ini gagal membuat robot rumahan, di luar mainan dan penyedot debu. “Bahkan robot seperti ROS dari Willow Garage masih terlalu sulit bagi orang tanpa gelar PhD dalam robotika,” katanya. Ia berharap, “Ada robot yang didesain dengan baik dengan harga terjangkau sebagai pencetus inovasi.”

Luna dapat beroperasi berdasarkan program-program yang ada di dalamnya. Luna sendiri beroperasi dengan sistem operasi berbasis Linux, disebut LunaOS, dan akan memiliki toko peranti lunak yang disebut Luna App Store. RoboDynamics menjelaskan bahwa akan banyak aplikasi yang tersedia untuk menambah fungsi Luna.

Perangkat keras Luna terdiri dari prosesor Dual Core Atom 2GHz dengan kapasitas penyimpanan 8 GB yang dapat ditambah hingga 32 GB. Luna punya koneksi jaringan nirkabel dan koneksi jaringan seluler. Tampilannya menggunakan layar sentuh seukuran 8 inci.

Dalam beberapa minggu ke depan, RoboDynamics berencana merilis informasi lebih lengkap mengenai edisi pertama Luna, sekaligus model yang akan datang, harga, dan ketersediaan. Saat ini, diperkirakan Luna akan dihargai 1.000 dollar AS. (National Geographic Indonesia

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in unix. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s