Atlantis Memulai Perjalanan Bersejarah

AP Photo/Morry Gash Pesawat ulang alik Atlantis melakukan peluncuran terakhir pada Jumat (8/7/2011) dari Kennedy Space Center, Florida.

 — Pesawat ulang alik Atlantis sukses diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida, Jumat (8/7/2011) sekitar pukul 11.29 waktu setempat atau pukul 22.29 WIB malam ini. Ini merupakan perjalanan ke antariksa yang bersejarah karena untuk terakhir kalinya badan antariksa AS, NASA, akan mengakhiri misi ulang aliknya.

Bahan bakar mulai dinyalakan sejak 30 detik menuju peluncurannya. Kepulan asap putih dan api yang membara dari bagian bawah tangki bahan bakar mengawali proses peluncuran pesawat ulang alik tersebut ke luar angkasa. Pesawat terlihat selama 42 detik sebelum hilang di balik awan.

Saat-saat menegangkan terjadi ketika pesawat menuju orbit dalam 10 menit sejak bahan bakar dinyalakan. Pada menit ke-9, pesawat melepaskan diri dari tangki bahan bakar dan memulai perjalanannya ke ruang angkasa sebelum menuju ISS dalam dua hari ke depan.

Atlantis membawa empat astronot yang akan bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS). Mereka akan menjalankan misi selama 12 hari dengan satu kali misi spacewalking atau bekerja di luar angkasa secara langsung.

Ini merupakan peluncuran pesawat ulang alik ke-135 dan peluncuran Atlantis ke-33 sejak program tersebut dimulai tahun 1981. Peluncuran tersebut adalah untuk membangun stasiun antariksa internasional bersama Rusia. Selama program dilakukan, dua pesawat ulang alik meledak, yakni Challenger dan Columbia. Dua pesawat lainnya, Discovery dan Endeavour, sudah lebih dulu dipensiunkan.

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s