Bin Laden Bangun Menara Tertinggi Dunia

Kingdom Tower menjulang ke angkasa setinggi 1.000 meter, melampaui rekor Burj Khalifa.

Kingdom Tower Jeddah (Skyscraper)

Gara-gara Osama, keluarga Bin Laden  yang berpengaruh dan dikenal dekat dengan Kerajaan Arab Saudi dikait-kaitkan dengan kehancuran menara kembar World Trade Centre (WTC) 11 September 2001 lalu.

Meski salah satu anggota keluarganya berperan dalam kehancuran gedung yang mendapat predikat tertinggi di dunia pada tahun 1971-1973, keluarga Bin Laden kini kembali berupaya menegakkan reputasinya: membangun menara tertinggi di dunia.

Adalah pangeran kaya raya Saudi, Pangeran Alwaleed bin Talal yang meluncurkan proyek bangunan tertinggi di dunia yang terletak di Kota di Laut Merah, Jeddah. Namanya, Kingdom Tower.

Dialah yang menunjuk perusahaan raksasa konstruksi, Bin Laden Group untuk membangun menara yang menjulang ke langit dengan ketinggian 1.000 meter alias 1 kilometer. Menara ini akan meliputi hotel, apartemen, perkantoran, kondominium mewah, dan observatorium tertinggi di dunia. Luasnya 500.000 meter persegi.

Jika proyek ini direalisasikan, menara itu akan melampaui rekor Burj Khalifa di Dubai, setinggi 828 meter, yang kini dinobatkan sebagai yang tertinggi di Bumi.

Proyek ini segera akan dimulai setelah perjanjian senilai US$1,2 miliar ditandatangani antara Kingdom Holding Co — milik sang pangeran dan Bin Laden Group.

Awaleed, sepupu Raja Saudi Abdullah menargetkan waktu tiga tahun untuk mewujudkan menara itu. Meski ia tak menyebut kapan pembangunan akan dimulai.

Dia menyebut, menara ini dimaksudkan untuk mengirim pesan pada dunia, tentang stabilitas politik dan ekonomi negeri penghasil minyak itu. “Pesan kami politis,” kata Awaleed.

Untuk diketahui, Arab Saudi terhindar dari gelombang protes yang mengguncang wilayah Timur Tengah lainnya seperti Mesir, Tunisia, dan Syiria.

“Kingdom Tower adalah adalah mesin ekonomi sekaligus simbol kebanggaan ekonomi, serta keagungan budaya Kerajaan di tengah masyarakat dunia,” kata Talal Al Maiman, anggota Dewan Kingdom Holding Co. “Visi kami menjadikan menara ini sebagai ikon baru Jeddah — yang berperan penting sebagai gerbang menuju kota suci Mekkah.”

Menara ini akan didesain oleh perusahaan arsitektur asal Chicago, Adrian Smith + Gordon Gill Architecture. (Sydney Morning Herald, AP, umi)

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s