Robot Pelari Tercepat di Dunia

UNIVERSITY OF MICHIGAN

MABEL, robot yang dikembangkan University of Michigan, AS, tahun lalu berhasil menjadi robot pertama yang berjalan di permukaan tak rata. Kini, dengan improvisasi dari pengembangnya, robot itu berhasil menjadi robot pelari tercepat di dunia, dengan kecepatan 10,9 km/jam, mengalahkan robot Toyota (4,3 km/jam) dan ASIMO (3,7 km/jam).

Spectrum IEEE dalam artikelnya Selasa (16/8/2011) lalu menuliskan bahwa kemampuan robot tersebut didukung oleh desain dan karakteristik yang mirip manusia. Misalnya, robot memiliki rangka badan yang lebih berat dibandingkan kaki serta sistem hubungan antarrangka dan alat gerak yang mirip dengan tendon manusia.

Dalam rekaman video, tampak bahwa ayunan kaki dan gerakan naik turun tubuh robot benar-benar mirip manusia. Robot menghabiskan 40 persen waktu berlari pada “fase terbang” dengan dua kaki tak menyentuh tanah, sama seperti manusia.

Meski tergolong robot tercepat, kecepatan robot ini masih kalah dengan kecepatan sprinter yang bisa mencapai 36 km/jam. Tapi, walau punya bakat lari, robot ini tak akan bisa mengejar atau meraih Anda. Tubuh MABEL masih terikat di tiang dan tak punya tangan. MABEL dikembangkan oleh Koushil Sreenath, Hae Won Park dan Professor Jessy Grizzle.

 

Sumber :

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s