Sekolah Gladiator di Austria Lebih Besar daripada di Roma

Atlantic Records
Sampul Album soundtrack film Gladiator yang dirilis tahun 2000 keluaran Atlantic Records.

– Gladiator identik dengan Roma, terutama karena ditemukannya reruntuhan Ludus Magnus yang merupakan sekolah pelatihan gladiator terbesar di sana. Namun, baru-baru ini sekolah gladiator yang lebih besar ditemukan oleh arkeolog Austria di reruntuhan Carnuntum, wilayah timur kota Wina, Austria. Ditemukan oleh radar, situs ini diperkirakan lebih detail daripada reruntuhan Ludus Magnus.

Gubernur Lower Austria, Erwin Proell, mengatakan, “Penemuan ini adalah sebuah sensasi dunia, dalam arti yang sebenarnya.” Selain itu, para arkeolog menambahkan bahwa reruntuhan ini sangat unik, dari bentuk dimensi dan kelengkapan peninggalan.

Sekolah gladiator ini berada sekitar 10 km dari kompleks gladiator yang sekarang menjadi daerah pariwisata. Daerah reruntuhan ini memang berkembang sejak 1700 tahun yang lalu sebagai pusat militer dan perdagangan pada zaman Romawi.

Walaupun belum melakukan penggalian, hasil pemindaian menunjukkan tempat ini merupakan lokasi pelatihan dan tempat mandi yang cukup besar. Selain itu, terdapat juga pemakaman bagi pejuang yang meninggal dalam pelatihan. Di dalam sekolah, terdapat halaman sebagai tempat tinggal, berbagai bangunan yang berbentuk bulat, dan sebuah stadion kecil dengan kursi kayu.

Sekolah ini diperkirakan berisi 40 sel tidur kecil untuk para gladiator dan juga tempat mandi yang luas. Roemisch-Germanisches Zentralmuseum yang juga terlibat dalam penyelidikan mengatakan bahwa sekolah ini terdiri dari penjara dan barak yang juga memiliki sistem keamanan sangat ketat.

Sampai sekarang, para ahli belum menentukan kapan akan menggali situs tersebut. Mereka membutuhkan beberapa waktu untuk mematangkan rencana dan memulai penggalian. (National Geographic Indonesia

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s