NASA Rilis Peta Topografi Digital Bumi Terbaik

NASA/GSFC/METI/ERSDAC/JAROS, dan U.S./Japan ASTER Science Team Dengan ketinggian 4.421 meter, Gunung Whitney di Pegunungan Sierra Nevada, California adalah titik tertinggi di wilayah itu.

NASA merilis peta topografi digital terbaik yang pernah ada, Senin (17/10/2011) kemarin. Peta yang disebut dengan global digital elevation model tersebut dibuat dengan citra yang diambil oleh Japanese Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer (ASTER), instrumen yang terdapat di satelit TERRA milik NASA.

Peta tersaji dalam bentuk 3D, dibuat dengan menggabungkan sepasang gambar 2D untuk menciptakan kedalaman. Versi pertama dari peta ini telah dirilis NASA dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang pada tahun 2009.

“ASTER global digital elevation model sudah menjadi peta topografi yang paling komplet dan konsisten di dunia. Dengan pengembangan ini, resolusi yang dimiliki dalam banyak aspek sebanding dengan data AS dari Shuttle Radar Topography Mission NASA dan mampu mencakup wilayah yang lebih luas,” kata Woody Turner, ilmuwan yang terlibat program ASTER di kantor pusat NASA, Washington.

Data ASTER mencakup 99 persen wilayah dataran Bumi, yang membentang dari 83 derajat lintang utara hingga 83 derajat lintang selatan.

Versi peta yang telah dikembangkan berhasil menambah 260.000 pasangan gambar stereo untuk meningkatkan cakupan wilayah. Fiturnya mencakup resolusi spasial yang telah dikembangkan, peningkatan akurasi vertikal dan horizontal, cakupan yang lebih realistis di wilayah perairan, serta kemampuan mengidentifikasi danau yang diameternya hanya 1 km.

Peta ini tersedia online dan bisa diakses siapa pun tanpa biaya. “Data dari peta bisa diaplikasikan secara luas, dari perencanaan pembangunan jalan raya dan perlindungan tanah yang punya nilai lingkungan dan kultural, hingga mencari potensi alam tertentu,” kata Mike Abrams, pemimpin tim ilmuwan ASTER di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena.

Sumber :

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s