Dapur Purba Markas “Chef” Suku Maya

Foxnews Latino Ilustrasi dapur Suku Maya berusia 1000 tahun.

Mungkin inilah penemuan arkeologis paling “lezat”, sebuah dapur purba suku Maya yang berusia 1.000 tahun. Dapur purba yang ditemukan di wilayah Yucatan, pusat peradaban suku Maya, itu pastinya menjadi markas chef-chef terhebat pada masa itu.

Berukuran 40 x 14 meter, dapur itu adalah bagian dari sebuah istana. Ilmuwan memprediksi bahwa dapur itu aktif’ tahun 750-950, periode suku Maya mencapai kejayaannya. Bukti adanya manusia di tempat ditemukannya dapur ini telah ada sejak tahun 300 SM.

Berdasarkan laporan Institut Nasional Sejarah dan Antropologi Meksiko (INAH), beragam panci dan artefak lainnya ditemukan di dapur itu. Para arkeolog juga menemukan bukti adanya bekas bara api yang memberi petunjuk adanya aktivitas memasak di daerah itu.

“Kami yakin ada banyak makanan yang dimasak di sana yang menjadi alasan mengapa peralatan masak berukuran besar. Ada banyak macamnya dan memiliki ukuran yang beragam sesuai keperluan,” kata Lourdes Toscano, arkeolog INAH, seperti dikutip Foxnews, Kamis (17/11/2011).

Yang unik, peneliti tidak menemukan sedikit pun tulang belulang. Ini membuktikan bahwa sampah dari bahan makanan dibuang ke tempat di luar dapur. Wah, ternyata suku Maya, terutama yang di istana, sudah mengenal pengelolaan dapur.

Sumber :

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s