Ness of Brodgar Geser Posisi Stonehenge

Beberapa bagian dalam kompleks kuil ini berumur 800 tahun lebih tua daripada Stonehenge.

Ness of Brodgar direka ulang oleh BBC (BBC)
 Situs Stonehenge di Inggris hingga kini diklaim sebagai situs bersejarah yang menjadi pusat peradaban Neolitikum terpenting di Eropa. Namun klaim situs terpenting nampaknya akan berpindah tangan pada situs Ness of Brodgar yang baru diekskavasi di kepulauan Orkney, Skotlandia.

Seperti diberitakan harian Daily Mail Senin 2 Januari 2012, baru 14 bangunan di situs Ness of Brodgar yang berhasil diekskavasi, dan para ahli geotermal memperkirakan situs ini totalnya berjumlah ratusan. BBC menyebutnya sebagai penemuan sekali seumur hidup.

“Ekskavasi situs Ness of Brodgar di Orkney semakin membuka jendela terhadap kepercayaan di Zaman Batu,” kata Neil Oliver, presenter acara dokumenter BBC ‘A History of Ancient Britain’. Dengan struktur bangunan yang serupa kuil, para pakar meyakini situs Orkney dapat membantu manusia modern memahami kegiatan keagamaan penduduk Zaman Batu.

Beberapa bagian dalam kompleks kuil ini berumur 800 tahun lebih tua daripada Stonehenge. Para arkeolog juga menemukan beberapa lukisan garis zigzag berwarna merah di dinding dalam situs yang diyakini sebagai seni Zaman Batu tertua yang pernah ditemukan.

Baru sepuluh persen di area situs yang telah diteliti, dan mungkin akan memakan waktu berpuluh-puluh tahun untuk bisa mengungkap semua misteri situs yang berlokasi dekat situs lingkaran batu Ring of Brodgar, batu Stenness, dan dikelilingi bebatuan yang diyakini sebelumnya bertinggi tiga meter.

Nick Card, arkeolog dari University of Highlands dan Islands, mengatakan, “Situs seperti ini merupakan impian para arkeolog, dan kehebohan tentangnya tak pernah surut. Penemuan seperti ini hanya terjadi sekali seumur hidup.”

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s