10 Hal Misterius di MERTULU


1. Batu gajah.
Batu ini berada di aliran sungai pengabuan tepatnya di wilayah Dusun Mudo, konon katanya batu tersebut berubahberbentuk seperti gajah karena di sumpah Pahit Lida. Batu itu di sumpah karena saat si Pahit Lidah mencuci beras tiba tiba air yang mengalir menjadi keruh yang sebabkan gajah menyebrangi sunagai pengabuan di hulunya.
2. Batuan Pancing Sebesar Ember.
Batuan pancing ini di daerah teluk Merlung, dan sekarang katanya disimpan di Kuala Tungkal. Menjadi pertanyaan, untuk apa sebenarnya batuan pancing tersebut.
3. Kuburan Panjang
Terdapat di Merlung, lokasi sekarang berada dikawasan jalan 2 jalur. Konon katanya manusia yang ditaman di lipat tiga. Menjadi pertanyaan, setinggi apa manuisa tersebut kalau benar itu adalah kuburan manusia untuk 1 orang.
4. Takar bbsar 12 Anak Tangga
Nah ini menurut cerita cerita. Takar ini terdapat di daerah Lumahan, konon katanya untuk masuk takar ini butuh tangga dengan 12 anak tangga, dan katanya takar tersebut milik Datuk Keluang, ada juga mengatakan milik Pahit Lidha. Menjadi tanda tanya, benarkah takar ini ada, mengingat katanya takar ini ketemu kalau kesasar dan kalau sengaja dicari takar tersebut tidak ketemu..
5. Batang Cabe Sebesar Gantang
Terdapat di dusun mudo di daerah bekas kerajaan Lubuk Petai. Sama hal nya dengan takar, cabe ini gaib dan misteri, hanya bisa ketemu kalau nyasar. Konon katanya ditanam moyang lubuk petai.
6. Beras Sebesar Kelapa
Konon katanya beras zaman dahulu kala sebesar kelapa, terlepas percaya atau tidak, sekarang masih ada orang yang menyimpan kulit padi tersebut yang diturunkan turun temurun. Dan ceritanya, beras menjadi kecil seperti sekarang karena disumpah Pahit Lidah.
7. Ular bidai/Saung Bidai
Nah yang satu ini menjadi bagian legenda rakyat Merlung. ular besar ini mempunyai saung/sarangg. Saungnya terdapat di dekat jembatan lintas timur Merlung, katanya saung tersebut tembus ke rteh riau, saung ini juga terdapat di daerah Teluk- Merlung menembus ke sungai Batang Hari. Kalau legendanya silakan baca di catatan Merlung Comunity
8. Talam Tempat Makan Rajo
Terdapat di Taman Raja, Talam ini lebih besar dari talam biasa, terbuat dari batu. Konon katanya tempat makan Raja Gagak. Talam ini pernah ditemukan saat dua orang warna menyelam menembak ikan, namun sayang karena talam ini berat, talam tersebut tidak diangkat. Dan sekarang talam tersebut tidak diketahui lagi.
9. Hantu rimbo
Nah ini sangat menyeramkan, hantu rimbo ini sangatlah besar dan tinggi, mungkin 10 meter lebih kalau dilihat dari cara ia mematakan pucuk kayu kecil untuk merentes/membuat tanda. Orang orang tua katanya ada yang bertemu, badan hantu ini tumbuh bulu bulu yang lebat yang mebuat hantu ini takut dengan api. Benarkah ada?
10. Empesan/lipan Sebesar Batang Kayu.
Liapan ini katanya penunggu Lokasi Kerajaan Lubuk Petai..

sumber : Facebook account: Merlung Comunity

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Merlung's Files, Misteri. Bookmark the permalink.

2 Responses to 10 Hal Misterius di MERTULU

  1. saya salut dan bangga bangad kepada masyrakat mertulu,karna pas dizaman,seperti sekarang ini masih ada hal-hal yang sangat ajaib dan misteri tentang semua cerita yang sudah saya baca diatas,jadi kepingin lihat benaran…!!!!!!!!!!
    tapi kapan yaaaaaa..???????

    • merlung says:

      yah biasanya sih cerita misteri (cerimis) sellalu menjadi khas setiap tempat..salah satu tempat kita di Mertulu,punya cerita semoga nanti kita buat kisah yang lebih versi lengkapnya, trm kasih atas apresiasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s