Jupiter “Mencium” Venus Malam Nanti

Stellarium Ilustrasi konjungsi Jupiter dan Venus pada Selasa (13/3/2012).

 Planet gas raksasa Jupiter akan “mencium” planet kaya karbon dioksida Venus Selasa (13/3/2012) malam ini. Keduanya hanya berjarak 3 derajat atau setara dengan lebar dua jari.

Peristiwa mendekatnya planet satu dengan yang lain disebut konjungsi. Tentu saja, konjungsi hanya ada dalam sudut pandang manusia di Bumi. Faktanya, Venus dan Jupiter tetap berjarak jutaan kilometer.

Konjungsi Venus dan Jupiter malam ini bisa dilihat dengan jelas dari wilayah Indonesia bila langit cerah. Planet-planet itu akan tampak di langit barat mulai senja hingga sekitar pukul 20.30 WIB.

Waktu terbaik melihat kedua planet tersebut adalah mulai pukul 18.30 WIB, saat langit sudah benar-benar gelap. Pengamatan saat senja akan terganggu oleh sinar Matahari.

Venus akan tampak lebih terang dari Jupiter. Magnitud Venus adalah -4,17 sementara magnitud Jupiter adalah -1,97. Magnitud menyatakan kecerlangan benda langit, makin negatif, makin terang.

Konjungsi Venus dan Jupiter bukanlah peristiwa langka sebab terjadi setiap 13 bulan sekali. Namun demikian, sudut atau jarak pada setiap konjungsi bisa berbeda.

Perbandingan waktu revolusi Venus, Bumi dan Jupiter adalah 224,7008 : 365,2564 : 4332,5894. Dengan demikian, 39 waktu revolusi Venus hampir setara dengan 24 revolusi Bumi dan 2 revolusi Jupiter.

Diberitakan Discovery, Senin (12/3/2012), kondisi itu menyebabkan kondisi konjungsi dengan sudut hampir sama bisa berulang setiap 24 tahun.

Konjungsi Venus Jupiter malam ini mirip dengan konjungsi pada 5 maret 1988 dimana jarak antar kedua planet hanya 2,2. Konjungsi malam ini akan berulang pada 22 Maret 2036 dengan jarak hanya 4 derajat.

Spesial untuk malam ini, Venus dan Jupiter yang berciuman akan diintip oleh Mars. Planet merah tersebut sudah bisa disaksikan saat senja dengan magnitud -1,12 di langit timur.

Langit malam ini menjanjikan pemandangan yang indah. Tapi, manusia di Bumi harus berharap dahulu agar dewa hujan sedikit bermurah hati sehingga awan dan hujan tak terjadi.

Jika berhasil mengamati Venus dan Jupiter malam nanti, tak perlu ragu untuk berbagi dengan Kompas.com.

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s