Inilah Jembatan Tertinggi di Dunia 2012

 

Inilah jembatan gantung tertinggi di dunia Aizhai yang berada 355 meter di atas Dehang Canyon di Jishou, Provinsi Hunan, selatan China

Setelah memiliki jembatan terpanjang di dunia Danyang Kunshan Grand Bridge, China kini juga punya jembatan gantung tertinggi di dunia Aizhai Bridge. Kemarin (3/4/2012 negeri Presiden Hu Jintao itu meresmikan jembatan tertinggi di dunia sepanjang 1.146 meter yang membentang sekitar 350 meter di atas Dehang Canyon. Tak hanya megah, jembatan tersebut juga memiliki keunikan karena menghubungkan dua terowongan.

Sebenarnya jembatan yang dibangun pada Oktober 2007. itu sudah rampung pada Desember 2011.Tetapi, pemerintah setempat merasa perlu melakukan uji kelayakan sebelum meresmikannya. Sejak akhir Maret lalu pengendara motor dan mobil sudah mulai lalu-lalang di jembatan itu.

”Berkat jembatan ini, perjalanan dari Jishou menuju Chadong yang biasanya makan waktu empat jam menjadi hanya kurang dari sejam,” kata Chen Mingxian, pimpinan proyek jembatan yang terletak di kawasan Jishou, Provinsi Hunan, selatan tengah China tersebut.

Menurut situs shanghaiist.com, pemerintah China mendapat bantuan 208 juta dolar AS (sekitar Rp 1,9 triliun) dari Asian Development Bank (ADB) untuk membangun jembatan tertinggi tersebut.

Chen mengatakan bahwa jembatan itu punya empat keistimewaan. Pertama, lokasinya berada di lembah dan bahkan mengangkangi sebuah desa. Keistimewaan kedua konstruksinya yang sengaja memisahkan tiang penyangga dan balok penampangnya. ”Jembatan ini juga menggunakan batu sebagai tumpuan suspensi dan fiber karbon,” tuturnya.

Lalu, digunakan kereta gantung sebagai salah satu teknik untuk menancapkan tiang penyangga ketika membangun. Menurut Chen, pembangunan jembatan ini membuahkan hasil maksimal. Sebab, pemakai jalan bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan selama menyeberang jembatan yang dihiasi 1.888 bola lampu itu. (jpnn)

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s