Kawah Tumbukan Meteorit Tertua Ditemukan

Carsten Egestal Thuesen Ilustrasi tumbukan meteorit.

  Studi yang dilakukan ilmuwan di wilayah Greenland berhasil menemukan kawah tumbukan meteorit tertua di dunia.

Adam Garde, ilmuwan dari Geological Survey of Denmark yang melakukan penelitian mengatakan, kawah meteorit tersebut terbentuk 3 juta tahun lalu. Lebar kawah itu mulanya diperkirakan sekitar 500 km. Namun, karena telah mengalami erosi selama jutaan tahun, lebarnya kini tinggal 100 km.

Berdasarkan perhitungan Garde, kawah tersebut terbentuk oleh meteorit yang berukuran lebar 19 km. Jika meteorit itu jatuh di Bumi saat ini, diperkirakan semua makhluk hidup tingkat tinggi akan musnah.

Garde mengungkapkan, ada tiga tanda yang menunjukkan bahwa wilayah yang diteliti merupakan kawah tumbukan meteor. Pertama, terdapat batuan berbentuk bulat yang tersebar, tanda pernah adanya tumbukan di suatu wilayah. Kedua, terdapat deposit mineral potassium-feldspar yang meleleh, tanda adanya proses pelelehan yang dipacu oleh panas ekstrim akibat tumbukan. Tanda ketiga adalah adanya pelapukan oleh air.

Penemuan kawah meteor tertua ini sebenarnya tak disengaja. Garde semula hanya melakukan penelitian geologi di Greenland. Akhirnya, ia justru menemukan fitur geologi aneh. Kini, dia yakin bahwa yang ditemukannya adalah kawah tumbukan meteorit.

Diberitakan Our Amazing Planet, Jumat (29/6/2012), penemuan kawah tertua ini mengalahkan rekor sebelumnya. Kawah tumbukan meteorit tertua sebelumnya adalah kawah Vredefort di Afrika Selatan. Kawah itu berusia 2 juta tahun dan memiliki lebar sekitar 300 km.

Hasil penelitian Garde dipublikasikan di jurnal Earth and Planetary Science Letters edisi Juli 2012.www.ouramazingplanet.com

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s