Beginilah Detik-detik Pendaratan Curiosity di Mars

NASA/ JPL-CALTECH Proses pendaratan Curiosity di Planet Mars.

 Wahana antariksa Mars Science Laboratory beserta robot Curiosity akhirnya berhasil mendarat di permukaan Planet Mars yang selama ini paling membuat manusia penasaran.

Informasi dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di situs situs webnya menyatakan bahwa Curiosity mendarat di Kawah Gale, di dekat ekuator atau garis khatulistiwa Mars, sekitar pukul 15.00 waktu Mars atau 12.31 WIB.

Curiosity berhasil menjejakkan diri di permukaan Mars setelah melalui proses mendebarkan yang disebut “Teror Tujuh Menit”.

Begitu memasuki atmosfer Mars, wahana yang membawanya melakukan manuver untuk memperlambat kecepatan hingga ketinggian sekitar 11 kilometer dari permukaan Mars.

Kemudian parasut supersonik dikembangkan hingga wahana turun sampai ketinggian 1,6 kilometer. Wahana tersebut kemudian melepas retrorocket yang akan memandu pendaratan robot Curiosity yang dibawanya.

Ada Satelit Intip Pendaratan Robot Curiosity

NASA Curiosity dalam jepretan Mars Reconaissance Orbitter (MRO).

 Pendaratan robot Curiosity di kawah Gale, Mars, Senin (6/8/2012), ternyata diintip satelit milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) lainnya yang juga mengorbit Planet Merah itu.

Satelit yang mengintip pendaratan Curiosity adalah Mars Reconaissance Orbitter (MRO), yang sudah mengelilingi Mars sejak tahun 2006. MRO mengintip Curiosity sejak wahana antariksa tersebut mulai memasuki masa “tujuh menit teror”.

Satelit MRO mengabadikan pendaratan Curiosity dengan kamera beresolusi tinggi HiRISE yang dimiliki. Foto diambil satu menit sebelum Curiosity mendarat, yaitu saat robot beroda enam itu masih “tergantung” di kabel nilon dan parasut supersonik.

“HiRISE sudah menjepret lebih dari 120 gambar kawah Gale sebagai bagian dari seleksi dan karakterisasi pendaratan yang tepat, tapi saya pikir ini yang paling keren,” kata Sarah Milkovich, anggota investigasi HiRISE di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, seperti dikutip Space, Senin.

Milkovich menuturkan, butuh persiapan sejak Maret untuk memastikan MRO bisa memotret Curiosity saat mendarat. Komando lewat komputer baru diberikan beberapa hari lalu. MRO akhirnya memotret dari jarak 340 km dari Curiosity.

Adapun Curiosity berhasil mengirimkan gambar setelah pendaratan berupa bayangan dirinya di permukaan Mars. Robot berbiaya 2,5 juta dollar AS tersebut diharapkan dapat membantu meneliti molekul kehidupan di Mars dan kemungkinan bagi manusia untuk mendarat di sana.

Retrorocket kemudian menurunkan robot Curiosity menggunakan tali nilon dengan teknik yang disebut “derek angkasa”.

Begitu Curiosity menyentuh permukaan Mars, tali nilon yang digunakan dilepas dan retrorocket terbang menjauh.

Robot beroda enam itu pun mulai bergerak di permukaan Mars.

Curiosity diharapkan bisa meneliti molekul yang mendukung kehidupan di Mars sekaligus memecahkan misteri evolusi Mars. Keberhasilan ini juga menandai keberhasilan pertama mendaratkan robot beroda enam di Mars.space.com

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s