Para Miliarder Pemilik Pulau Pribadi Termahal

Tak puas dengan ‘mainan’ mahal, para miliarder ini membeli pulau.

Pantai Papakolea Hawaii

Pantai Papakolea Hawaii
Uang banyak, banyak juga yang bisa dibeli. Termasuk pulau. Dan bagi sejumlah miliarder dunia, membeli pulau bukan saja bisa mendongkrak gengsi, tapi juga bisa menghasilkan uang. Jadi lahan bisnis baru. Dan itulah yang dilakukan pewaris raksasa bisnis kosmetik L’Oreal, Liliane Bettencourt.

Liliane berhasil membuat catatan dengan menjual pulau pribadi, Seychelles, dengan nilai US$60 juta. Belum lama ini, miliarder pemilik Oracle, Larry Ellison juga telah membeli sebuah pulau terbesar keenam di Hawaii, AS, senilai setengah miliar dolar AS.

Dikutip dari laman CNBC, berikut adalah delapan miliarder dunia yang memiliki pulau pribadi di sejumlah negara di dunia.  Siapakah pemilik pulau pribadi paling mahal dan terluas diantara mereka?

8. Lanai, Hawaii

Larry Ellison

Pemilik: Larry Ellison
Nilai pembelian: US$500 juta-600 juta

Penguasa bisnis teknologi, Larry Ellison, membeli pulau terbesar keenam di Hawaii ini dengan porsi kepemilikan saham sebesar 98 persen.

Ellison yang merupakan orang terkaya ketiga AS atau keenam dunia, membeli Pulau Lanai dari pemilik lama David Murdock pada Juni lalu. Pulau seluas 37295 hektare ini terkenal dengan perkebunan nanas dan rumah bagi 3.000 warga.

Biasanya Pulau Lanai didatangi oleh turis untuk menikmati keindahan dua resort Four Seasen, lapangan golf, dan vila mewah. Kini semuanya dimiliki oleh Larry dan sebagian menjadi milik pemerintah dan warga setempat.

7. Necker Island, British Virgin Island

Richard Branson, pemilik Virgin Group

Pemilik: Richard Branson
Nilai: US$100 juta

Bos kelompok bisnis Virgin Group’s, Richard Branson membeli Pulau Necker di British Virgin Islands, senilai 180 ribu poundsterling pada 1978. Saat ini, pulau pribadi itu diperkirakan bernilai US$100 juta.

Miliarder flamboyan ini telah mengubah pulau seluas 29,9 hektare ini menjadi kawasan mewah pada 1984. Dengan mengusung konsep Bali, pulau tersebut kini dikelola oleh sekitar 60 pegawai khusus. Resort ini mampu memberikan akomodasi bagi 28 orang dengan biaya sewa US$35 ribu per kamar per pekan.

Jika anda ingin menyewa seluruh pulau ini, setidaknya uang senilai US$50 ribu per malam harus disiapkan. Pulau ini juga memiliki 200 burung flamingo dan pengunjung bisa menikmati wisata bawah laut seharga US$2.500 per orang.

6. St Philips Island, South Carolina, AS

Ted Turner

Pemilik: Ted Turner
Nilai pembelian: US$2 juta

Pengusaha media, Ted Turner memiliki salah satu pulau pribadi terluas di AS, St Philips Island, South Carolina, pada 1979. Pulau ini dibeli setahun sebelum dia meluncurkan stasiun berita, CNN.

Pulau seluas 2.230 hektare yang dipenuhi rawa dan hutan ini dinilai cocok dengan karakter Turner yang dikenal membeli kawasan dan mengubahnya menjadi hutan alam.

Sayangnya, Turner harus menghadapi tuntutan hukum karena pulau yang dimilikinya sering digunakan untuk pengungsi dari kelompok Afro-Amerika. Beruntung tuntutan itu dihentikan pada 2002 setelah Turner menyumbang 27,5 hektare wilayahnya untuk kelompok tersebut.

Kini, St Philips masih berstatus pulau pribadi dan dikelola oleh sejumlah pengurus.

5. Brecqhou, Inggris


Pemilik: David dan Frederick Barclay
Nilai pembelian: US$4,3 juta

Miliarder kembar, David dan Frederick Barclay membeli sebuah pulau bernama Brechqhue di kawasan English Channel Islands pada tahun 1993 seharga US$4,3 juta.

Pemilik bisnis media The Daily Telegraph dan Ritz Hotel ini mengubah pulau seluas 32 hektare itu dengan membuat taman, perkebunan anggur, pub, dan desa dengan sebuah kapel diatasnya. Kedua kakak beradik ini juga membangun sebuah istana dengan fasilitas helipad.

4. Allan Island, Washington, AS

Billionaire Toys Paul Allen
Pemilik: Paul Allen
Perkiraan nilai: US$13,5 juta

Salah satu pendiri Microsoft yang juga miliarder, Paul Allen berencana menjual Allan Island yang dibelinya pada 1992. Pulau seluas 118 hektare ini dijual seharga US$13,5 juta atau turun dari penawaran awal senilai US$25 juta pada 2005.

Allen diketahui membeli pulau tersebut sebagai rumah peristirahatan walau pada akhirnya dia memutuskan membeli lahan di Pulau Island pada 1992 untuk membangun tempat tinggal.

Pulau ini sebagian besar belum dikembangkan dan hanya terdapat sebuah kabin dari kayu, dok, serta landasan pacu dari rumput seluas 2.400 kaki. Tak hanya itu, pulau ini juga tak memiliki pasokan listrik dan dibutuhkan biaya US$3 juta untuk membuat saluran listrik.

3. Robins Island, New York

Pemilik: Louis Moore Bacon
Nilai pembelian: $11 juta

Pada lelang tahun 1993, penasihat keuangan Wall Street, Louis Moore Bacon menjual pulau pribadi eksotis Robins Island senilai US$11 juta.

Bacon diketahui telah menginvestasikan dana hingga jutaan dolar AS untuk merestorasi pulau seluas 17 hektare di lepas pantai Long Island, New York tersebut. Ketika membeli pulau tersebut, Bacon juga menyumbangkan US$1,1 juta kepada lembaga Nature Conservancy untuk mengawasi spesies langka dan hampir punah di pulau itu.

Di pulau tersebut, miliarder ini juga membangun rumah istirahat bagi keluarganya lengkap dengan helipad.

2. James Island, Canada

Pemilik: Craig McCaw
Perkiraan nilai: US$75,1 juta.

Setelah 18 tahun mentransformasi pulau pribadinya, British Columbia’s James Island, menjadi kawasan pulau eksklusif, miliarder telekomunikasi Craig McCaw berencana menjual asetnya itu seharga US$75,1 juta.

McCaw membeli pulau seluas 315 hektare di lepas pantai Vancouver Island seharga US$19 juta pada 1994. Pada tahun yang sama, dia dan saudaranya menjual bisnis komunikasi seluler ke AT&T senilai US$12,6 miliar.

Di pulau tersebut, miliarder ini membangun bangunan utama seluas 464 meter persegi, enam pondok tamu, kolam renang, dok pribadi, dan landasan udara serta lapangan golf 18 lubang. Di pulau ini, McCaw menyalurkan pembangkit listrik bawah tanah, menggunakan kendaraan listrik, serta larangan merokok.

Ledakan buble dotcom telah membawa masalah keuangan McCaw yang menggiringnya untuk menjual pulau itu seharga US$70 juta pada 2001. Namun pada 2003, harga pulau itu merosot ke level US$49 juta. Sejumlah tamu terkenal pernah mengunjungi pulai tersebut seperti produsen musik Quincy Jones and David Foster, dan pendiri Microsoft, Bill Gates.

1. Sampson Cay, The Bahamas

Pemilik: John Malone
Perkiraan nilai: tak diketahui

John Malone mengambil alih tahta sebagai pemilik pulau pribadi terluas di AS setelah membeli areal seluas 890 ribu hektare pada 2011. Dia kini menjadi pemilik Sampson Cay, di sebuah kawasan di kepulauan Bahama

Areal seluas 12 hektare kini telah menjadi rumah dan marina yang dibangun ulang pada 2002. Tarif untuk tinggal di resort itu mencapai US$8,000 per pekan.

Sayangnya sedikit sekali informasi yang diperoleh mengenai sepak terjang miliarder pemilik bisnis media ini ketika memutuskan membeli sebuah pulau. Namun, miliarder ini merupakan salah satu dari sejumlah orang ternama yang membeli pulau di kepulauan Exuma Cays.

Nama terkenal lain yang memiliki pulau pribadi di kepulauan ini adalah pemilik LVMH, Bernard Arnault, pesulap David Copperfield, dan aktor Johnny Depp.vvnws

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s