Kode QR Terbesar di Dunia Ada di Ladang Jagung

Saking besarnya, kode itu hanya bisa dipindai dari helikopter.

Kode QR terbesar di dunia di lahan pertanian keluarga Kraay

Kode QR terbesar di dunia di lahan pertanian keluarga Kraay(Kraay family farm)
 Kode quick respons (QR) evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi tak hanya bisa ditemukan di majalah, pamflet, atau iklan. Tapi juga di sebuah ladang jagung.

Labirin di ladang jagung seluas 7 acre atau 2,8 hektar di Kanada itu bahkan mendapat pengakuan sebagai kode QR fungsional terbesar di dunia versi Guinness World Records.

Pertanian keluarga Kraay di Lacombe, Alberta, memutuskan untuk mengkombinasikan pertanian dengan teknologi dalam sebuah desain raksasa, di mana pengunjung bisa memindai kode dari udara menggunakan ponsel cerdas (smartphone) mereka. Atau pilihan lainnya, mereka bisa menelusuri labirin itu di darat.

Kode yang berukuran 312.000 kaki persegi atau 29.000 meter persegi, saat dipindai menggunakan ponsel cerdas, pengguna akan terhubung dengan situs pertanian keluarga Kraay.

Rekor dunia adalah upah layak bagi kerja keras pertanian itu. “Ini sesuatu yang tak kami bayangkan bisa terjadi. Ada banyak hal yang harus kami lakukan karena Guinness cukup pilih-pilih dengan bukti. Tapi kami sangat bersemangat,” kakat Rachel Kraay pada CTV-News.

Untuk membuktikan kode QR itu bisa berfungsi, keluarga tersebut memindai kode dari atas jendela helikopter yang terbang di atas lahan pertanian.

Video rekaman eksperimen pemindaian lewat udara itu dijadikan bukti kode itu bisa berfungsi. CTV news juga melaporkan, keluarga tersebut mengkompilasi foto dan keterangan saksi untuk melengkapi pembuktian ke Guinness.

Setelah semua bukti dikirim, keluarga Kraay memasuki masa penantian panjang. “Mereka bahkan tidak menelepon,” kata Rachel Kraay. Sampai suatu hari kejutan datang di muka pintu. “Aku membuka pintu dan menemukan bungkusan besar, di dalamnya ada sertifikat dan surat. Ternyata itu cara mereka memberi kejutan.”

Desain labirin ladang jagung, mirip crop circle, adalah tradisi di peternakan Alberta yang sudang berlangsung selama 13 tahun. Kadang desain dibuat sebagai penghormatan pada bintang musik, atlet, dan tahun lalu desain khusus dibuat untuk Rick Hansen, atlet paralimpian Kanada.

Lalu, bagaimana bisa kepikiran membuat kode QR?

Kray menceritakan, suatu ketika ia sedang bersantai membaca majalah. “Aku duduk santai membaca majalah dan melihat banyak kode QR. Kupikir itu mirip sekali dengan labirin dan aku yakin kami bisa membuatnya,” kata dia.

Kode QR adalah versi evolusi dari kode batang – mudah dipindai dan mampu menyimpan data dalam jumlah besar. Keluarga Kraay lalu meminta bantuan desainer untuk menggabungkan sisi artistik dan teknologi.dailymail.com

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s