FOSIL KAYU MEMBATU DI MERLUNG

Didunia perbatuan, yang dimaksud Fosil Kayu adalah Kayu yang membatu dimana semua bahan organiknya telah digantikan oleh mineral (biasanya sejenis silikat, seperti quartz), dengan struktur kayu tetap terjaga. Proses fosil terjadi di bawah tanah, ketika kayu terkubur di bawah lapisan sedimen. Air yang banyak mengandung mineral masuk ke dalam sel-sel tanaman dan sementara lignin dan selulosa membusuk, mereka digantikan oleh batu. Hal ini bisa terjadi setelah bertahun-tahun terpendam bahkan setelah diteliti, terpendam selama Jutaan tahun.

Fosil kayu membatu pernah ditemukan di Sungai Pengabuan Merlung tepatnya di daerah Pulo Sialang. Pulo Sialang adalah termasuk wilayah Kelurahan Merlung berbatasan dengan wilayah Desa Lubuk Terap di Kecamatan Merlung.

fosil kayu yang sudah membatu terlihat dari photo di atas masih tampak bekas-bekas kayu terbakar dan potongan parang dan bagian kuning tersebut adalah bekas teras bagian dalam kayu seperti kayu nangko

fosil kayu ini ditemukan oleh seorang buruh pengumpul batu dan pasir pada tahun 2005 lalu dan sekarang masih tersimpan rapi di Merlung

Pulo Sialang sudah sejak lama menjadi sumber penghidupan perekonomian masyarakat Merlung dengan hasil galian berupa batu dan pasir.

Lebih Lanjut Tentang Fosil Kayu

Di dunia ini terdapat hutan fosil kayu terbesar di dunia yaitu di Lesvos adalah hutan fosil kayu yang telah membatu. Hutan ini terletak di pulau Lesvos di Yunani. Yang kedua terbesar adalah Taman Nasional Hutan Fosil Kayu di Arizona. Hutan fosil kayu di Lesvos terbentuk dari fosil tumbuhan yang dapat ditemukan di bagian barat pulau tersebut.

Di Indonesia, banyak juga terdapat fosil kayu seagai harta terpendam yang masih banyak belum di gali. Karakteristik unik, keras, dingin, bercahaya,warna-warni dan berusia jutaan tahun. Itulah bebatuan yang terlihat di Sukaraja, Sukabumi. Ada yang percaya batuan itu punya khasiat, misalnya memberi wibawa, menarik rejeki dan menyembuhkan sakit gigi. Bisa ditebus dengan harga mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 100 juta. Sebenarnya Indonesia adalah surga bagi para pecinta batu. Beberapa belahan nusantara tersebar lempengan lapisan tanah yang diyakini terpendam fosil kayu yang berusia jutaan tahun. Salah satu contoh adlah bila anda ingin menikmati keindahannya, rasanya Desa Sukaraja di Sukabumi ini layak dikunjungi. Di sepanjang jalan raya Sukabumi-Cianjur, tepatnya di sekitar kilometer 5, terdapat beberapa art shop yang mengasah sekaligus memasarkan batu-batu mulia.

Umur Fosil-fosil kayu sangat mempengaruhi warna karena adanya proses tekanan dan pergesekan dengan kulit bumi selama bertahun-tahun. Menurut info, yang berwarna alam seperti coklat, hitam, atau putih telah berumur sedikitnya 25 juta tahun. Panjangnya ada yang mencapai 6 meter dengan diameter berlebar 1 meter. Beratnya, untuk panjang 5 meter dan diameter setengah meter, beratnya bisa mencapai 5 ton. Hal ini disebabkan struktur mineral yang sudah total menggantikan struktur organik kayu tersebut.

 

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Merlung's Files. Bookmark the permalink.

3 Responses to FOSIL KAYU MEMBATU DI MERLUNG

  1. Hartanta. M.Pd says:

    Buat Berita Tentang Pesawat yang pernah jatuh di Merlung pada masa perang jaman dahulu, biar Merlung Terkenal, Thanks

  2. saya mendapatkan fosil kayu belian ( kalimantan barat ) bagi yg minat bisa hubungi pin 53FF6BF6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s