Proses di Dalam “Jantung” Google

Warna warni server google

Warna warni server google (Google)
BLayanan internet Google memang telah populer di kalangan pengguna internet dunia. Tentunya layanan tersebut didukung oleh data centre, yang bisa dikatakan sebagai jantungnya layanan internet.
Performa data centre ini menentukan lancarnya akses internet yang kita pakai. Google pun memperlihatkan data centre mereka yang memasok daya untuk layanan internet mereka.

Data centre tersebut seakan mengungkap jaringan rumit dari komputer yang memproses berbagai permintaan pencarian internet, mencari video klip di YouTube dan mendistribusikan email bagi jutaan orang.

Dalam data centre tersebut terdapat ratusan ribu server dengan kabel berwarna-warni. Dan, karena saking luasnya, teknisi Google harus menggunakan sepeda agar dapat berkeliling dengan cepat.

Data centre tersebut berada mulai dari bekas pabrik kertas di Finlandia yang dikonversi untuk pusat data, sampai pusat server yang dikustomisasi di Iowa, AS.

“Sangat sedikit orang yang telah melangkah masuk pusat data Google. Dan untuk alasan yang baik, prioritas pertama kami adalah privasi dan keamanan data Anda. Kami berusaha keras untuk melindunginya, menjaga situs kami di bawah penjagaan ketat,” demikian pernyataan Google, seperti dilansir
Dailymail.

“Kami telah menerbitkan efisiensi data kami sejak 2008, hanya sebagian kecil karyawan kami memiliki akses ke lantai server tersebut,” lanjut Google.

Menurut Google, Anda tak akan mendapatkan tampilan yang belum pernah dilihat sebelumnya pada teknologi, orang-orang, juga tempat-tempat yang memungkinkan Google tetap berjalan.

Google menunjukkan foto-foto dari dalam delapan data centre Google Inc di Amerika Serikat, Finlandia dan Belgia. Google juga membangun pusat data di Hong Kong, Taiwan, Singapura dan Chili.

Perjalanan virtual dari data centre North Carolina juga akan tersedia melampaui layanan ‘Street View’ Google, yang biasanya digunakan untuk
melihat foto-foto lingkungan di seluruh dunia.

Akses fotografi ke pusat data Google bertepatan dengan terbitnya sebuah artikel di majalah Wired, tentang bagaimana perusahaan membangun dan mengoperasikan data centre.

Artikel ini ditulis oleh Steven Levy, seorang jurnalis yang memenangkan kepercayaan Google saat menulis “In The Plex”. Ini adalah sebuah buku yang dipublikaskan tahun lalu, yang menulis tentang filosofi dan evolusi Google.vvnws

Lalu seperti apa ‘jantung’ Google? Intip dalam galeri foto di tautan ini.

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s