Paus Ini Bisa Tiru Bahasa Manusia

Paus NOC mati lima tahun lalu, tapi suaranya masih bisa didengar.

Paus NOC mampu tirukan suara manusia

Paus NOC mampu tirukan suara manusia (Current Biology ) (US Navy)

Seekor paus putih menunjukkan perilaku unik, ia tak hanya belajar meniru suara, namun juga mencoba membuat kontak dengan manusia.

Paus jantan bernama NOC memiliki suara mirip manusia, yang cukup membuat para peneliti terperangah. Sebab, paus wajarnya menghasilkan suara yang sangat berbeda.

Selama 30 tahun NOC tinggal di antara kawanan paus putih, lumba-lumba dan melakukan kontak dengan manusia di National Marine Mammal Foundation, San Diego, Kalifornia. Dia adalah bungsu dari tiga bersaudara yang ditangkap di Churchill, Manitoba, Kanada, pada bulan Agustus 1977.

Suara NOC mirip manusia adalah bukti yang kali pertamanya ditemukan para ilmuwan.

Sam Ridgway, ketua tim peneliti mengungkapkan, hasil pengamatan para ahli menunjukkan bahwa ikan paus terus memodifikasi teknik vokalnya untuk menghasilkan suara mirip manusia bicara. “Upaya yang dilakukan paus itu merupakan usaha untuk melakukan kontak dengan manusia,” kata Ridgway.

Para ahli kali pertama menjumpai suara tak biasa di dekat kandang paus dan lumba-lumba pada tahun 1984. Suara itu dari kejauhan seperti dua manusia yang sedang mengobrol.

Suara itu diketahui milik NOC saat seorang penyelam di kandang paus dan berada di dekatnya muncul ke permukaan dan bertanya pada koleganya, “siapa tadi yang menyuruhku keluar?,”

Walaupun sudah ada laporan observasi yang tidak valid soal ikan paus yang mengeluarkan suara seperti manusia, Ridgway dan tim tetap mencari bukti sahih dari NOC dengan merekam suaranya selama bertahun-tahun.

Tim peneliti membangun platform khusus di bawah air yang digunakan untuk mendengar suara-suara yang dihasilkan ikan paus tersebut.

Dari hasil rekaman tersebut, menunjukkan irama yang mirip dengan suara manusia dan frekuensi oktaf yang lebih rendah dari suara paus lain, yang lebih mendekati pada frekuensi oktaf suara manusia. “Suara yang kami dapat ini merupakan contoh pembelajaran vokal yang dilakukan paus putih,” kata Ridgway

Dia mengatakan bahwa semua ini luar biasa, karena ikan paus menghasilkan suara dari saluran hidungnya, tidak seperti yang dilakukan pada manusia pada laringnya.

Untuk membuat suara seperti manusia, NOC melakukan variasi tekanan dalam saluran hidungnya dengan membuat penyesuaian otot lain dengan mengembungkan kantung vestibularnya saat ia bernafas. “Aktifitas tersebut tidak mudah untuk paus,” tambah Ridgway.

Pengamatan ini menunjukkan bahwa ikan paus putih adalah hewan yang konsisten belajar berbicara. Hasil penelitian dimuat dalam jurnal Current Biology.

Sayangnya, NOC yang sudah 30 tahun tinggal di National Marine Mammal Foundation, telah meninggal pada 5 tahun lalu. Tapi suaranya masih hidup di sini. Dengarkan suara paus ini di tautan audio. Daily Mail, eh

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Aneka Ragam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s