Ini Konsep “Jalan Raya Cerdas” Asal Belanda

Berfokus pada jalan raya, bukan pada kendaraan yang melaju di sana.

 Konsep jalan masa depan, lebih

Konsep jalan masa depan, lebih (Daan Roosegaarde + Heijmans)

Kemajuan teknologi berlalu lintas selama ini lebih terkonsentrasi pada kendaraan yang dipakai pengemudi. Atau, paling banter, mempercanggih rambu-rambu lalu lintas dan menambahkan kamera pengintai.
Namun, sebuah firma di Belanda punya pemikiran revolusioner. Caranya, menciptakan jalan raya yang pintar, “Smart Highways“.

Konsep aspal jalan yang bersinar dalam gelap, bahkan suatu saat nanti bisa digunakan untuk mengisi energi mobil listrik, akan mulai diperkenalkan di Belanda tahun depan.

“Smart Highways” baru terkuak minggu lalu di ajang Dutch Design Week, menggunakan teknologi jalan raya terbaru. Perancangnya mengklaim teknologi itu “lebih berkelanjutan, aman, dan intuitif”. Demikian seperti dilansir Daily Mail.

Perusahaan di balik proyek tersebut juga mengatakan tujuan mereka adalah untuk menawarkan alternatif teknologi transportasi, dengan fokus pada jalan raya alih-alih pada kendaraan yang menggunakannya.

Di antara yang paling ambisius adalah ide jalan di masa depan yang menyediakan jalur khusus yang memungkinkan para pengemudi mobil listrik mengisi energi kendaraannya saat melaju di jalur tersebut.

Konsep jalan masa depan

Gagasan lain adalah dengan menerangi jalanan dengan lampu hemat energi yang akan bersinar secara gradual ketika kendaraan mendekat, lalu berangsur mati secara otomatis ketika kendaraan telah melaju.

Konsep jalan masa depan

Mewujudkan ide-ide itu masih butuh waktu beberapa tahun, namun pada tahun depan marka jalan di Belanda akan dibuat dengan cat yang dibuat dari bubuk  photo-luminescent yang bisa menyimpan energi matahari yang bisa digunakan untuk menerangi jalan selama lebih dari 10 jam kala gelap.

Teknologi lain yang akan diimplementasikan tahun depan adalah cat yang responsif terhadap temperatur. Jalan raya akan menampakkan pola kristal es yang bisa dilihat pengemudi saat cuaca dingin membuat jalanan lincin.

Konsep jalan masa depan

Ide yang dikembangkan perusahaan Belanda, Roosegaarde and Heijmans Infrastructure, ini telah diganjar penghargaan ‘Best Future Concept’ dalam ajang Dutch Design Awards.

Namun, meski konsepnya telah dipaparkan. Belum jelas bagaimana cara kerja jalur khusus yang bisa otomatis mengisi batere mobil listrik saat ia melaju di atasnya

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s