Kota Prasejarah Tertua di Eropa Ditemukan

Bulgarian Academy of Sciences Institute of History Kota prasejarah tertua di eropa ditemukan. Kota tersebut diperkirakan dihuni oleh 350 orang pada masa 6000 tahun lalu.

Arkeolog Bulgaria mengatakan, mereka telah menemukan kota prasejarah tertua di Eropa. Para peneliti percaya, kota tersebut adalah rumah bagi 350 orang pada tahun 4700 dan 4200 Sebelum Masehi (SM). Permukiman ini dibangun 1500 tahun sebelum mulainya kependudukan Yunani Kuno. Diperkirakan, situs ini adalah tempat pusat produksi garam pada masa lalu.

Eskavasi yang dimulai pada tahun 2005 menemukan sisa-sisa dari dua rumah, tempat ritual, dan gerbang. “Kita tidak membayangkan kota seperti Yunani Kuno, Roma Kuno, atau permukiman abad pertengahan,” jelas peneliti dari National Institute of Archeology, Vasil Nikolov.

Arkeolog lainnya, Krum Bachvarov memaparkan betapa menariknya penemuan terkini dari penelitian mereka. “Pilar dan dinding yang mereka bangun sangat tinggi dengan blok batu. Hal ini sangat jarang terlihat saat eskavasi situs prasejarah di Tenggara Eropa,” paparnya.

Selain situs kota, ditemukan juga tulang belulang dari seorang pria dan dua orang anak-anak. Sekarang, peneliti tengah meneliti tambang garam dekat Tuzia, Bosnia dan Turda, Romania, untuk mencari bukti lebih lanjut tentang kehidupan masa itu. Peneliti menuturkan kalau garam adalah komoditas yang sangat penting di tahun 6000 SM. NGI

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in sejarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s