Galaksi Paling Terang, Bintangnya Bisa Dihitung

ESA Galaksi ESO 318-13. Bintang paling terang di bagian tengah sebenarnya berada di Bimasakti, namun tampak terang karena letaknya yang lebih dekat dari Bumi.
 Galaksi yang biasanya tampak seperti kabut tampil begitu terang dan jelas dalam citra teleskop Hubble milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan European Space Agency (ESA).

Galaksi yang dicitrakan itu bernama ESO 318-13. Saking terangnya, galaksi tersebut dijuluki “glittering galaxy” atau galaksi yang berkilau. Bintang yang berada di galaksi itu hampir bisa dihitung.

Dalam citra Hubble, ESO 318-13 memang obyek utama yang ingin ditampilkan. Namun, gambar juga menyajikan betapa galaksi itu hanya sebagian kecil dari semesta.

Citra menunjukkan, beberapa bintang yang sebenarnya tidak berada di galaksi itu juga terlihat. Contohnya, bintang yang pada gambar di atas tampak berada di tengah.

“Ini adalah tipuan perspektif. Bintang itu sebenarnya ada di Bimasakti, galaksi kita, dan itu bersinar terang karena letaknya yang lebih dekat dibandingkan ESO 318-13,” demikian dinyatakan ESA.

Diberitakan Daily Mail, Senin (3/12/2012), gambar juga menyajikan obyek serupa piringan yang sebenarnya merupakan galaksi-galaksi yang lebih jauh.

Citra galaksi berbentuk elips juga berhasil ditangkap bersama galaksi lain berbentuk spiral yang akan menjadi target observasi para astronom.kmps

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s