Hewan-hewan Terbesar di Muka Bumi

s3

Berikut 15 hewan yang menjadi terbesar dalam golongannya yang masih eksis hingga saat ini.
Hewan terbesar

Hewan terbesar di bumi yang masih eksis hingga kini adalah paus biru (Balaenoptera musculus). Panjang mamalia ini bisa mencapai 30 meter dan berat mencapai 180 ton. Jantung hewan ini saja bisa seberat 600 kilogram dan lidahnya seberat 2,7 ton, setara dengan berat gajah Asia.

Hewat darat dengan bobot terberat

Jenis gajah Afrika adalah hewan darat yang bobotnya paling besar. Berat pejantan gajah ini bisa mencapai 6 ton dan tingginya hingga 3,3 meter. Sementara, betinanya bisa mencapai bobot 3 ton dengan tinggi 2,7 meter. Gajah dewasa jenis ini tak punya predator karena ukurannya. Namun, anakannya masih bisa dimakan singa.

Hewan paling jangkung di Bumi

Jerapah (Giraffa camelopardali) adalah hewan paling jangkung di Bumi. Tinggi hewan ini bisa mencapai 6 meter. Berat jerapah bisa mencapai 1600 kg untuk jantan dan 830 kg untuk betina. Leher hewan ini sangat panjang, bisa mencapai 2 meter.

Karnivora terbesar sejagat

Gajah laut selatan adalah karnivora terbesar sejagat. Pejantannya 5-6 kali lebih besar dari betinanya. Berat pejantan mencapai 2.200-4.000 kg, sementara panjangnya mencapai 5,8 meter. Gajah laut selatan terberat pernah ditemukan di Georgia, Amerika serikat, seberat 5.000 kg.

Karnivora daratan terbesar

Karnivora terbesar di daratan adalah beruang kutub (Ursus maritimus) dan beruang kodiak, salah satu subspesies beruang coklat. Beruang coklat dan kutub bisa mencapai berat 1.000 kg dengan panjang tubuh mencapai 3 meter.

Reptil terbesar

Hewan yang tergolong reptil terbesar adalah buaya air asin (Crocodylus porosus). Dewasa dari jenis ini bisa mencapai berat 1.000 kg dengan panjang mencapai 5,5 meter. Hewan ini adalah predator rakus yang hampir bisa memakan semua hewan yang masuk ke wilayahnya.

Amfibi terbesar di dunia

Jenis amfibi terbesar di dunia adalah salamander raksasa China. Salamander ini bisa berukuran 180 sentimeter, jauh lebih besar dari rata-rata salamander saat ini. Hewan ini kini terancam punah dan jarang mencapai ukuran raksasa.

Kelinci terbesar di bumi

Kelinci raksasa Flemish adalah ras kelinci terbesar. Hewan ini telah dipelihara sejak abad ke-16 di kota Ghent, Belgia. Kelinci ini bisa mencapai berat 12,7 kg.

Kelelawar terbesar

Jenis kelelawar terbesar adalah raksasa bermahkota emas (Acerodon jubatus). Jenis ini ditemukan di hutan Filipina. Ukuran maksimal kelelawar ini mencapai panjang 55 cm, berat 1,5 kg, dan rentang sayap 1,8 meter.

Hewan pengerat terbesar

Jenis pengerat terbesar adalah capybara (Hydrochoerus hydrochaeri). Hewan ini endemik dari Amerika Selatan. Jenis ini mencapai panjang 1,5 meter, tinggi 90 cm, dan berat 105 kg. Coba bandingkan dengan tikus.

Ikan bertulang sejati terbesar

Ikan dengan tulang sejati terbesar adalah sunfish (Mola mola). Ada individu ikan itu yang dijumpai berukuran panjang 3,3 meter dan berat hingga 2.300 kg. Namun, umumnya individu jenis ini punya panjang 2,5 meter dan berat rata-rata 1.000 kg.

Golongan kadal dan ular terbesar

Golongan kadal dan ular terbesar yang ada di muka bumi adalah anakonda hijau (Eunectes murinus). Panjang rata-rata hewan ini mencapai  7,5 meter dan beratnya mencapai 250 kg.

Burung terbesar

Golongan burung terbesar adalah burung unta (Struthio camelus). Tinggi hewan ini mencapai 2,8 meter dan beratnya mencapai 156 kg. Berat telur hewan ini saja mencapai 1,4 kg. Hewan ini juga bisa berlari cepat, hingga kecepatan 97,5 kilometer per .jam.

Burung terbang terbesar

Untuk burung terbang, jenis yang terbesar adalah pelikan Dalmatian. Hewan ini bisa setinggi manusia, 160 cm-180 cm, sementara beratnya hingga 11 kg-15 kg.

“Arthropoda” terbesar

Spesies arthropoda terbesar adalah kepiting laba-laba Jepang. Berat hewan ini rata-rata 19 kg dan rentang kakinya mencapai 3,8 meter. Hewan ini juga luar biasa sebab bisa hidup hingga 100 tahun.

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s