“Mawar” di Kutub Saturnus Tertangkap Kamera

NASA Badai di kutub utara Saturnus tampak seperti mawar.

Salah satu fenomena menarik dari planet bercincin Saturnus adalah badai di kutub utaranya. Wahana antariksa Cassini berhasil mengabadikan citra badai tersebut. Dalam salah satu foto, terungkap bahwa bentuk badai dilihat dari atas tampak seperti mawar.

Analisis membuktikan, badai di Saturnus ternyata jauh lebih besar dari di Bumi. Mata badai punya ukuran hingga 2.000 kilometer, 20 kali rata-rata badai Bumi. Sementara kecepatan gerak awannya mencapai 150 meter per detik.

The spinning vortex of Saturn's north polar storm

 

Andrew Ingersoll, anggota tim pencitraan Cassini di Caltech, mengungkapkan, badai Saturnus punya kesamaan dengan badai di Bumi, misalnya, jumlah awan yang sedikit pada bagian mata badai (pusat struktur badai) serta awan tinggi pada dinding mata badai.

Namun demikian, terdapat beberapa perbedaan. “Di Saturnus skalanya jauh lebih besar dan dapat terbentuk dari hanya sejumlah kecil uap air di atmosfernya,” katanya seperti dikutip Daily Mail, Senin (29/4/2013).

Perbedaan lainnya, badai di Saturnus bergerak jauh lebih cepat daripada di Bumi. Jika di Bumi badai bergerak ke arah kutub karena gaya tarik akibat rotasi Bumi, di Saturnus, badai relatif tidak bergerak horizontal karena memang sudah terbentuk di wilayah kutub.

 
Memahami fenomena badai di Saturnus juga penting untuk meningkatkan pemahaman tentang fenomena badai di Bumi. Melalui badai Saturnus, ilmuwan bisa mempelajari bagaimana badai terestrial terbentuk dan bertahan.

Wahana antariksa Cassini mengorbit Saturnus sejak tahun 2004. Namun, foto badai ini baru ditangkap beberapa tahun kemudian. Untuk memotret badai Saurnus, butuh sudut orbit yang tepat. Badai di kutub Saturnus takkan bisa dipotret dari bagian ekuator planet itu.

Apa yang menarik dari fenomena langit mawar di saturnus ? ternyata di dalam Alquran sudah menyebutkan 1400 tahun lalu, adanya fenomena mawar di ruang angkasa / langit  “Maka apabila langit terbelah/(terpecah-pecah) dan menjadi MERAH MAWAR seperti (kilapan) minyak”
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS.55 Ar Rahmaan 37-38)
Sebenarnya pada sebelumnya   Nasa pernah menidentifikasi fenomena mawar di langit lihat link ini http://imgsrc.hubblesite.org/hu/db/image… menunjukan bintang sekarat yang meledak, dan mereka menamakannya dengan “Cat’s Eye Nebula”..>> Tapi silahkan anda perhatikan baik-baik photo tersebut,. bentuk ledakan dari bintang tersebut “benar-benar Persis” seperti membentuk kelopak bunga mawar ‘Merah’ yang disertai kilatan cahaya.bukan?!.(sebagaimana terlihat dalam photo yang diambil oleh Telescop Huble).
 

 

 

 

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s