Kekuatan Lepas Landas Kelelawar

Kelelawar Daubenton (Myotis daubentonii) | Gilles San Martin

Bagaimana kelelawar beradaptasi secara anatomi dan morfologi sehingga bisa lepas landas terbang layaknya pesawat? Ilmuwan baru-baru ini mengungkapnya lewat studi dengan memanfaatkan sinar X.
Nicolai Konow, ilmuwan dari Brown University, mengamati bagaimana setiap tulang pada kelelawar bergerak saat spesies itu akan lepas landas.

“Kelelawar tak suka berada di atas permukaan. Jadi, kami meletakkannya di atas tanah dan kemudian merekamnya selagi dia lepas landas,” kata Konow seperti dikutip BBC, Jumat (5/7/2013).

Konow mengukur perubahan panjang otot dan tendon kelelawar. Dengan demikian, ia mengetahui kemampuan menyimpan energi dan regangannya.

“Kebanyakan mamalia memiliki tendon yang tebal dan kaku sehingga tak bisa meregang dan menyimpan energi di dalamnya seperti kita manusia melakukannya dengan tendon achilles saat kita berlari atau berjalan,” kata Konow.

Namun, kelelawar pemakan buah yang diobservasi ternyata mampu menyimpan energi seiring kontraksi dan relaksasi otot bisep dan trisep selama lepas landas.

Melepaskan “energi elastis” tersebut, layaknya sebuah karet yang ditarik lalu dilepaskan, memberikan kelelawar energi ekstra untuk mulai terbang.

Peneliti terkesan dengan kemampuan kelelawar. Menurutnya, hewan satu ini bisa menginspirasi pembuatan robot yang punya banyak kegunaan.

Konow mengatakan, “kelelawar tidak hanya terbang, tetapi juga berjalan, berlari, melompat dan bahkan berenang. Jadi, kita bisa membuat robot amfibi.”

Menurut Konow, robot yang terinspirasi dari kemampuan kelelawar tersebut nantinya bisa berupa robot pencari dan penyelamat yang dikirim ke wilayah bencana.

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Aneka Ragam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s