Cahaya terhenti 1 menit

Ilmuwan berhasil menjebak cahaya selama satu menit | Extreme Tech
0Ilmuwan dari University of Darmstadt di Jerman berhasil menghentikan cahaya selama satu menit. Selama waktu tersebut, cahaya yang normalnya bergerak dengan kecepatan 300 juta meter per detik berhenti, diperangkap dalam opaque crystal, kristal yang tak tembus cahaya.

Kesuksesan ini memecahkan rekor. Tahun 2001 dan awal tahun ini, ilmuwan berhasil menghentikan cahaya, tetapi hanya selama masing-masing kurang dari satu detik dan 16 detik. Jauh sebelumnya pada tahun 1999, ilmuwan baru bisa memperlambat kecepatan cahaya menjadi 17 meter per detik.

Kali ini, untuk menghentikan cahaya, ilmuwan menggunakan teknik Electromagnetically Induced Transparency (EIT). Teknik ini mencakup pemakaian opaque crystal dalam kondisi dingin, yang tersusun atas senyawa yttrium silikat dan unsur praseodymium, serta penerapan cara-cara “licik”.

Diuraikan Extreme Tech, Kamis (25/7/2013), ilmuwan pertama menembakkan laser pada opaque crystal sehingga membuat kristal tersebut transparan. Kemudian sumber cahaya kedua ditembakkan pada kristal yang telah menjadi transparan itu.

“Licik”, ilmuwan kemudian mematikan laser yang ditembakkan. Hasilnya, kristal menjadi tak tembus cahaya lagi. Akibatnya, cahaya bukan hanya terperangkap dalam kristal tetapi juga tak bisa memantul sehingga bisa dikatakan benar-benar berhenti.

Keberhasilan ini membuka peluang pada kemajuan dalam penyimpanan data. Cahaya telah diketahui bisa membawa data. Dengan cahaya yang bisa dijebak, artinya data yang dibawa oleh partikel cahaya atau foton bisa disimpan.

Dalam diagram di bawah ini, didemonstrasikan bagaimana ilmuwan mampu menyimpan data berupa tiga garis horizontal selama satu menit sesuai lama cahaya dijebak. Penyimpanan data bisa lebih lama bila lama cahaya dijebak bisa ditambah.

Extreme Tech Dengan menjebak cahaya selama satu menit, ilmuwan berhasil menyimpan data yang dibawa foton cahaya dalam waktu yang sama.

Jebakan cahaya juga bisa dibuka lagi. Caranya sama, dengan menembakkan laser dan membuat opaque crystal transparan lagi. Dengan prinsip ini maka data yang disimpan bisa dibuka dan dipertukarkan lagi. Dengan prinsip ini, kecepatan pertukaran data lewat internet bisa jauh lebih cepat.

Saat ini, masih perlu banyak penelitian untuk mewujudkan penyimpanan dan komunikasi data dengan cara ini. Salah satunya adalah mengupayakan penjebakan cahaya pada kristal suhu ruangan. Ini perlu sebab dalam kenyataan data pastinya tak bisa dibawa pada lingkungan suhu rendah.kmps

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s