354 Sol Curiosity di Mars dalam Satu Fitur Interaktif

Panorama Yelloknife Bay di Mars hasil jepretan Curiosity pada Sabtu (23/3/0213) lalu. | NASA
7
Kendaraan antariksa Curiosity hari ini, Selasa 96/8/2013), telah setahun berada di Mars. Apa saja yang telah dicapai kendaraan tersebut dalam menunaikan tugasnya? Apa saja momen-momen penting dalam setahun Bumi Curiosity di Mars?

Situs web New York Times membuat fitur interaktif perjalanan Curiosity selama setahun di Mars. Rekam jejak menyuguhkan kegiatan Curiosity sol (istilah untuk hari di Mars yang 40 menit lebih lama dari hari di Bumi) per sol di Mars.

Dalam fitur interaktif itu, kegiatan Curiosity dibagi menjadi sembilan bagian, di tempat pendaratan, analisis batu Jake, memasuki wilayah Rocknest, berada di Yellowknife Bay, pengeboran batu John Klein, mengalami masalah, saat mars berada di balik Matahari, Comberland, dan Shaler.

Beberapa momen penting Curiosity adalah pada sol 0 di mana kendaraan antariksa berbiaya 2,5 miliar dollar AS tersebut mendarat di Kawah Gale selebar 153,6 km setelah proses 7 menit yang disebut “7 Minutes Terror”.

Momen berikutnya adalah pada sol 46 di mana Curiosity membuat kontak pertama dengan batuan Mars, yaitu Jake. Hasil penelitian kemudian mengungkap bahwa batu jake memiliki kesamaan dengan batuan di Bumi.

Pada sol 63, Curiosity mendeteksi obyek terang di Mars. Sempat ada berbagai spekulasi terkait obyek terang tersebut. Namun, akhirnya ditemukan bahwa obyek terang itu tak lain adalah bagian dari Curiosity itu sendiri, bukan obyek yang memang asli Mars.

Sol 183, Curiosity melakukan pengeboran pertama pada batu John Klein. Hasil pengeboran mengungkap bahwa Mars memiliki tanah liat dan mineral pendukung kehidupan serta mungkin juga air yang bisa diminum.

Fitur interaktif tersebut bisa dilihat pada link berikut. Curiosity kini masih harus berjalan menuju kaki Gunung Sharp, tujuan utamanya. Tujuan utama Curiosity adalah meneliti kemungkinan Mars mendukung kehidupan di masa lalu serta peluang astronot mendarat di Mars.kmps

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Aneka Ragam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s