Ikan yang Bisa Menghasilkan Listrik

B. walteri dan listrik yang dihasilkan | Cornell University
Biolog menemukan dua spesies ikan baru yang bisa menghasilkan listrik di Sungai Amazon.

Ikan yang mampu menghasilkan listrik sebenarnya bukan hal baru. Meski demikian, dua jenis ikan yang baru saja ditemukan ini berbeda dengan jenis ikan lain yang memproduksi listrik, misalnya belut listrik.

Salah satu perbedaannya adalah listrik yang dihasilkan. Sementara belut listrik menghasilkan 600 volt, dua spesies ikan baru ini hanya mampu menghasilkan listrik dalam jumlah beberapa ratus milivolt.

Perbedaan kedua adalah kegunaan listrik yang dihasilkan. Belut listrik memakai listrik untuk mencari mangsa dan menghindari predator. Sementara itu, dua jenis ikan baru ini memakai listrik untuk membantu navigasi. Navigasi dengan menggunakan listrik itu dikenal dengan nama elektrolokasi.

Cornell University B. bennetti dan listrik yang dihasilkannya

Dua spesies ikan yang ditemukan itu dinamai Brachyhypopomus bennetti dan B. walteri.

Kedua spesies itu juga memiliki perbedaan terkait produksi listriknya. John Sullivan dari Cornell University yang memimpin studi ini mengatakan, B. walteri menghasilkan sinyal listrik arus searah (AC). Sementara itu, B. bennetti menghasilkan sinyal listrik dalam arus bolak-balik (DC).

Analisis lebih lanjut mengungkap, arus bolak balik yang dihasilkan oleh B. bennetti merupakan bentuk adaptasi. Ekor ikan, di mana organ penghasil listrik terdapat, sering dimakan predator. Jika ekor mengalami luka, maka ikan tak mampu menghasilkan listrik.

Dengan menghasilkan arus bolak-balik, kata ilmuwan seperti dikutip National Geographic, Jumat (30/8/2013), produksi listrik B. bennetti takkan terpengaruh oleh ekor yang mengalami luka atau terpotong sebagian.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Zookeys.kmps

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Aneka Ragam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s