Planet dengan Air “Plasma”, Bisakah Dihuni?

Gliese 1214 b mengelilingi bintangnya yang bermassa rendah, ditunjukkan dalam warna biru. | NAOJ


 Astronom menemukan bahwa atmosfer planet alien bernama Gliese 1214 kaya akan air. Namun, fakta tersebut tak lantas membuat Gliese 1214 menjadi layak huni. Massa jenis dan suhu membuat atmosfer planet itu jauh berbeda dengan Bumi.

“Karena suhu dan tekanan begitu tinggi, air tidak terdapat dalam bentuk umumnya (padat, cair, gas) tetapi dalam bentuk ionik atau plasma, terbentuk di dasar atmosfer atau interior Gliese 1214 b,” kata Norio Narita, peneliti National Astronomical Observatory, Jepang.

Planet 1214 b terletak pada jarak 40 tahun cahaya dari Tata Surya, di konstelasi Opiuchus. Planet itu mengorbit bintang tipe M yang lebih dingin dari Matahari dengan waktu revolusi 38 jam. Jarak planet itu dengan bintangnya 38 kali lebih dekat dari jarak Bumi-Matahari.

Suhu planet yang enam kali lebih massif dari Bumi ini mencapai 280 derajat celsius. Temperatur yang tinggi memengaruhi kimia karbon dan hidrogen, yang bisa membentuk kabut tipis.

Narita juga mengatakan, “Pada suhu dan tekanan tinggi, perilaku air juga berbeda dengan di Bumi. Di dasar atmosfer yang kaya air di Gliese 1214 b, air ada dalam bentuk supercritical fluid.”

“Kami memperkirakan, air dalam bentuk plasma bisa dilihat di kedalaman planet itu. Namun, kita mungkin tak akan mendapatkannya dalam bentuk ‘hot ice‘ atau es bertekanan tinggi di dalam Gliese 1214 b,” urai Narita seperti dikutip Space, Selasa (1/10/2013).

Planet Gliese 1214 b ditemukan lewat MEarth Project yang mengamati 2000 bintang bermassa rendah untuk menemukan planet. Planet itu dikonfirmasi lewat metode transit dengan High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher di Cile.kmps

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in science n Tech. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s