29 Keajaiban dunia dan fenomena menakjubkan

Keajaiban dunia – Banyak orang mencari keajaiban dunia tapi banyak juga yang kurang bisa memaknai keajaiban dunia. Banyak orang berpendapat bahwa keajaiban dunia adalah tempat – tempat yang indah dan bangunan – bangunan yang sulit dibayangkan cara pembuatannya. Padahal menurut saya keajaiban dunia lebih dari itu. Banyak fenomenafenomena yang sulit dipahami pun menurut saya merupakan keajaiban dunia. Yang pasti adalah keajaiban dunia itu haruslah menimbulkan ketakjuban sendiri bagi kita yang melihat atau mengetahuinya.


Berikut beberapa keajaiban dunia menurut saya.
Keajaiban alam, fenomena alam, tempat menakjubkan di alam:

 

1. Lubang Biru Raksasa ( Great Blue Hole )

 

Great Blue Hole

 

Great blue hole adalah lubang di lautan yang berbentuk mendekati lingkaran sempurna, memiliki diameter 0,4 km dan kedalaman 145 m. Disisinya dibatasi oleh karang yang masih dalam komplek karang lighthouse. Jaraknya sekitar 60 mil dari pusat kota bleize.

2. Pintu Neraka ( Hell Gate )

 

Hell Gate

Kalo tadi lubang biru yang ini lubang merah. Sebenarnya tempat ini tidak seseram namanya. Hell gate atau lubang neraka hanyalah nama pemberian warga sekitar karena lubang ini memiliki api abadi yang sudah menyala sejak 37 tahun yang lalu. Al ini dikarenakan sumber gas bumi yang dimiliki nya. Hell gate ini terletak di negara Uzbekistan

3. Danau Biru di dalam Gua ( Blue lake cave / Gruta do Lago Azul )

 

Blue lake cave

Tempat ini juga ga kalah unik. Kalau anda belum pernah membayangkan ada danau di dalam gua maka tempat inilah jawabannya. Salah satu ke indahannya adalah pada interiornya (walaupun tempat ini terbentuk secara alami) yang terbentuk dari stalaktit, stalakmid, dan danau biru yang sangat indah. Namun tetap keindahan utamanya adalah pada kebiruan danau yang jernih yang menawan.

4. Batu Ombak ( Wave Rock )

 

Wave Rock

Bisa dilihat, bebatuan ini hampir sangat mirip dengan ombak besar. Guratan garis garisnya pun semakin menimbulkan kesan seperti ombak. Bebatuan ini sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan ombak yang membatu atau sebagainya walaupun ada orang yang mengkaitkannya demikian. Terletak di bagian barat australia, bebatuan ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dan panjang kurang lebih 110 meter. Sangat mengagumkan bukan ?

5. Danau Tiga Warna ( Danau Kelimutu )

 

Danau Kelimutu

Kali ini adalah giliran tempat menarik yang terletak di indonesia. Danau yang pernah dijadikan gambar di mata uang rupiah terdahulu ini memang benar benar memiliki tiga warna yang berbeda. Uniknya adalah warna dari danau ini berubah ubah seiring waktu berjalan.  Danau yang terletrak di NTT tepatnya di pulau flores ini menjadi destinasi wisata yang alam yang sangat menarik untuk di kunjungi karena selain keunikannya terdapat pula pemandangan yang amat luat biasa. “wow indonesia hehe”

6. Air Terjun Niagara

 

Air Terjun Niagara

Saya rasa sudah banyak yang tau mengenai air terjun terbesar di dunia ini. Banyak juga stasiun tv yang membahas dan menayangkan tentang air terjun yang satu ini.

7. Air terjun malaikat ( Angel fall )

 

Angel fall

Nah, kalau tadi air terjun terbesar, kali ini ada air terjun ter tinggi. Dari namanya saja sudah tercermin betapa tingginya air terjun ini. Kalau kita terjun dari atas air terjun kita akan serasa terbang untuk sesaat. Tapi ingat, ketika terjun harus dilengkapi parasut yah hehe.

8. Briksdalsbreen (Glasier Briksdal )

 

Glasier Briksdal

Merupakan bagian dari Taman Nasional Jostedalsbreen, Norwegia, Briksdalsbreen atau Glasier Briksdal sebenarnya merupakan aliran sungai yang membeku. Tempat yang sangat indah apalagi bagi penikmat keindahan es.

9. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef

Dari namanya kita sudah bisa membayangkan bahwa tempat ini pasti adalah kumpulan terumbu karang. Namun uniknya adalah karang ini memiliki dinding kepungan yang terbentuk secara alami. Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia dan termasuk tempat yang dilindungi Great Barrier Reef Marine Park.

10. Danau Baikal

 

Danau Baikal

Ada tiga hal yang perlu di ketahui tentang danau ini. Pertama, danau ini merupakan danau tertua di bumi. Kedua, danau terdalam di bumi. Ketiga, danau air tawar terbesar di bumi karena berisi 20% dari seluruh air tawar di bumi dan 90% air tawar di rusia. woww

11. Pamukkale

 

Pamukkale

Mungkin bisa dibilang tempat ini adalah pemandian air panas bertingkat. Terletak di Daerah Denizli di barat daya Turki, tempat ini adalah surga bagi orang – orang yang mendambakan ketenangan dan suasana releks yang berkualitas hehe.

12. Gurun Garam Salar de Uyuni

 

Salar de Uyuni

Terletak di Bolivia, Salar de Uyuni adalah gurun garam paling besar di dunia. Meliputi kawasan seluas 10.582 kilometer persegi, jantung dari Altiplano mempunyai sedikitnya 10 milian ton garam. Pada waktu tertentu pemandangan disini sangat menakjubkan yaitu pantulan langit akan terlihat jelas di gurun garam ini dan menimbulkan efek cermin yang sangat indah.

13. Sungai Bawah Air Cenote Angelita

 

Cenote Angelita

Cenote Angelita, adalah salah satu daerah di Meksiko. Tempat ini sempat menjadi perbincangan yang hot di dunia maya karena keberadaannya yang menggemparkan. Bagai mana tidak, sungai ada di dasar laut dan airnya tak bercampur.

14. The wave

 

The wave

Lihat guratan garis seperti gelombang ini. The wave adalah daerah batuan yang terletak di perbatasan arizona dan Utah. Batuan ini bisa dibilang batuan purba karena terbentuk sekitar 190 juta tahun yang lalu “wow”. Namun perjalanan ke tempat ini iatur ketat oleh pemerintah sehingga tidak semua orang dapat bebas keluar masuk area ini.

15. Antelope canyon

 

Antelope canyon

Masih dari arizona. Tempat ini adalah destinasi pemotretan favorit di amerika. Bagai mana tidak, lihat saja betapa exotisnya tempat ini. Tersusun dari 2 bagian terpisah, bagian atas ( The Cracks ) dan bagian bawah ( The Corkscrew=pembuka botol )

16. Giant Crystal Cave

 

Giant Crystal Cave

Gua ini adalah gua yang didalam nya terdapat kristal – kristal raksasa bahkan panjangnya bisa menyamai pohon pinus serta memiliki bentuk yang beragam. Diketahui kristal – kristal tersebut juga memiliki warna perak dan emas transparan. Luar biasanya mereka terbentuk secara alami. “woww”

17. Mata di Sahara ( Eye of Sahara )

 

Eye of Sahara

Bentuk bundaran di gurun sahara ini dikenal dengan eye of the sahara. Denag diameter yang luas yaitu hampir 31 mil membuat tempat ini terlihat mencolok jika dilihat dari angkasa. Banyak yang meyakini bahwa ini adalah hasil hantaman meteoroid yang kuat namun para geolog berpendapat ini disebabkan oleh upfit dan erosi. Namun tidak dipungkiri bentuk yang bundar ini masih menjadi teka teki bahkan untuk para geolog sendiri.

18. Giant Causeway

 

Giant Causeway

Lihat susunan basalt diawah. Susunan basalt ini terdiri dari kurang lebih 40.000 basalt yang saling bersambung. Berlokasi di pesisir timur laut irlandia, batuan ini terbentuk dari sisa erupsi  vulkanik masa lampau. Yang luar biasa adalah kebanyakan dari batuan tersebut berbentuk heksagonal atau segi enam dan sisanya ada yang lima dan 4.

19. Chocolate Hills

 

Chocolate Hills

Berlokasi di Bohol, filipina, chocolate Hills adalah susunan geologi yang tidak umum karena memiliki bentuk 1268 kerucut sempurna dengan ukuran yang seragam dan tersebar di area lebih dari 50 km persegi. “Wow”

20. Gunung Roraima Venezuela

 

Gunung Roraima Venezuela

Memiliki tinggi tebing 400m di semua sisi membuat bagian atas nya terlihat rata seolah ini adalah pulau di atas awan. “wow” ( jadi inget film UP). Ada juga yang menyebut tempat ini mirip meja. permukaan atas yang rata dan bersih ini juga tak lupuk akibat hujan yang turun di sini hampir tiap hari. Hujan tersebut lah yang membersihkan permukaan atas gunung dari tanaman rambat.

Itu dia keajaiban dunia, fenomena alam, dan tempat menakjubkan di bumi walaupun masih sangat banyak sekali tempat tempat yang belum saya sebutkan disini. Mungkin lain waktu akan saya bahas lebih banyak tempat yang mengaumkan yang ada di bumi kita ini. Namun masih ada lagi nih fenomena – fenomena yang menarik untuk kita ketahui. Namun berada di ruang angkasa. Seperti yang kita ketahui bersama, ruang angkasa yang tak terhitung luasnya oleh kemampuan manusia yang terbatas ini memiliki sejuta misteri yang belum terpecahkan dan juga hampir mustahil terpecahkan oleh manusia. Oleh karena itu saya pun banyak memahami kejadian, dan fenomena di ruang angkasa sebagai keajaiban dunia. Lalu apa sajakah fenomena fenomena tersebut? Langsung saja ini dia beberapa yang menurut saya perlu diketahui dan jarang terpikirkan.

21. Black hole

 

Secara singkat, balck hole adalah pengumpulan massa yang termat besar namun terkumpul dalam volume yang teramat sangat kecil. Gampangnya adalah bila ada black hole memiliki massa yang sama dengan matahari maka diameter blackhole tersebut kurang lebih hanya 3 km. Padahal diameter matahari kita adalah 1.392.000 km.

22. Galaksi

 

Galaksi adalah suatu wilayah di ruang angkasa yang menurut kita manusia sangat luas. Sebagai contoh adalah galaksi bimasakti. Sampai saat ini galaksi bimasakti diketahui memiliki bintang sebanyak 100 milyar dan 160 milyar planet baik yang mengorbit bintang maupun yang tidak.  Sedangkan jarak masing masing bintang saja berjarak sangat jauh dan bahkan mustahil manusia bisa menempuhnya. Karena bintang terdekat dengan matahari saja ditempuh cahaya dalam waktu 4 tahun. Bagaimana dengan kita?

23. Planet

 

Planet adalah sebuah keajaiban dunia. Kenapa karena bahkan sampai saat ini tidak diketahui secara pasti bagaimana sebuah planet terbentuk. Teori yang paling banyak dipakai adalah bahwa planet terbentuk di sekitar bintang dan terbentuk dari gas mulanya. Sedangkan bagaimana dengan planet yang yatim piatu. Beberapa tahun ini telah banyak ditemukan planet – planet tanpa bintang yang artinya adalah planet yatim piatu. Lalu apa yang dapat menjelaskannya? Selain planet yatim piatu tersebut terdapat juga planet yang mengorbit 2 bintang sekaligus. Seperti dalam film saja bukan ?

24. Gravitasi

 

Gravitasi adalah gaya tarik suatu denda terhadap benda lain, walaupun sudah bisa dirumuskan dalam berbagai peritungan, gravitasi tetap menyimpan segudang misteri. Bahkan fakta menyebutkan bahwa supernova atau ledakan bintang terjadi karena gravitasi. Inti bintang meledak ke dalam dan runtuh kedalam dirinya sendiri lalu memancarkan gelombang kejut yang dahsyat. Setelah itu seluruh bitang akan meledak. Gravitasi juga diketahui dapat membelokan cahaya.

25. Kehidupan

 

Menurut saya adanya kehidupan merupakan salah satu keajaiban terbesar di dunia. Karena kehidupan tidak pernah bisa dijelaskan tanpa adanya campur tangan tuhan. Seperti yang kita ketahui unsur pembentuk mahluk hidup adalah karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor dan belerang. Namun apa yang membuat campuran dari unsur – unsur pembentuk itu hidup? Jawabannya tak terlepas dari campur tangan tuhan. Baca juga : Keajaiban Dunia Makhluk Luar Bumi

26. Alam Semesta

 

Luas adalah relatif. Yaitu relatif menurut sudut pandang yang melihat. Ketika manusia melihat seberapa luas alam semesta pastinya hanya akan ada di angan – angan karena yang pasti luas alam semesta ada di balik horizon (batas tempat yang bisa diamati manusia karena cahaya tidak mampu lagi menembusnya.

27. Hujan Di planet lain

 

Seperti kita ketahui, di bumi hujan berbentuk air. Namun berbeda dengan planet – planet ini:

28. Asteroid mirip kacang

 

Asteroid mirip kacang

Biasanya peneliti menangkap gambar asteroid berupa bongkahan besar berbentuk bulat atau lonjong, kini mereka menemukan bentuk asteroid yang lain dari biasanya. Asteroid dengan kode nama 624 Hektor memiliki bentuk yang unik yaitu mirip kacang.

29. Bintang raksasa

 

Seperti yang kita ketahui bersama, matahari adalah bintang terdekat dengan kita. Matahari adalah gumpalan gas yang amat panas. Bila dibandingkan dengan bumi kita, matahari sangatlah besar. Namun terlalu dini bagi kita untuk mengatakan bahwa matahari adalah bintang yang besar. Karena ada banyak sekali bintang yang jauh lebih besar dan lebih terang daripada matahari. Berikut adalah ilustrasi bintang terbesar yang diketahui manusia sampai saat ini.

Itulah beberapa keajaiban dunia dan fenomena alam yang menurut saya menarik dan patut dicermati baik dari keindahan maupun filosofi hehe.. semoga bermanfaat

About merlung

sebuah kota kecamatan
This entry was posted in Golden Books. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s